Perbeadaan Antara Hewan Dan Tumbuhan

Perbeadaan Antara Hewan Dan Tumbuhan


Dalam kehidupan sehari-hari, kita dengan mudah dapat menentukan bahwa makhluk hidup itu tergolong tumbuhan ataukah hewan. Pohon mangga, rumput, dan kelapa tergolong tumbuhan. Sebaliknya, kucing, ayam, dan cacing tergolong hewan. Namun, beberapa makhluk hidup seperti bakteri, jamur, dan protozoa, sulit untuk dikelompokkan ke dalam dunia tumbuhan atau hewan.

Jika kita perhatikan secara cermat, kita dapat menemukan beberapa ciri yang berbeda antara tumbuhan dan hewan. Tumbuhan dapat melakukan fotosintesis untuk mengubah zat anorganik menjadi zat organik. Tumbuhan mampu menvusun sendiri zat organik melalui proses fotosintesis. Karena itu tumbuhan disebut makhluk lijlup autotrof (auto = sendiri, trophein = makanan) Tumbuhan dapat berfotosintetis karena sel-seinva mengandung kioroplas. Kloroplus adalah bagian sel yang berisi pigmen hijau atau kiorofil. Sehaliknva, hewan pada umumnya mendapatkan makanannva dan makhluk hidup lain, dengan cara memakan baik tumbuhan maupun hewan lain. Karena itu hewan disebut makhluk heterotrof.



Berdasarkan makanannva, hewan dikelompokkan menjadi hewan pemakan tumbuhan, pemakan daging, dan pemakan segala. Hewan pemakan tumbuhan disebut herbivor contohnya adalah kambin , kelinci dan tikus. Hewan pemakan daging disebbut karnivor contohnya kucing, elang dan ular. Hewan pemakan segala disebut omivor contohnva avam, kera dan manusia.

Ada jenis tumbuhan yang tergolong tumbuhan pemakan daging. Tumbuhan karnivor itu biasanya hidup di daerah yang kekurangan nitrogen. Untuk mendapatkan nitrogen, tumbuhan itu “memakan” hewan. Misalnya, tumbuhan kantong semar yang memakan serangga atau hewan kecil lain yang terperangkap di dalam alat tubuhnya yang menuerupai kantong. Di dalam kantong itu terdapat enzim pencerna, untuk mencerna tubuh hewan. Kemudian sari-sari makanan diserapnya.

Tumbuhan dan hewan juga berbeda dalam hal bergerak. Tumbuhan pada umumnya tidak dapat melakukan gerak aktif, seperti pindah tempat. Sebaliknya, hewan dapat bergerak aktif, seperti pindah tempt, berjalan, dan berlari.
Sumber Pustaka: Erlangga