Pergelaran Seni Musik Dalam Berkarya Seni Musik Tradisi Nusantara

Pergelaran Seni Musik

Sebagai sebuah pertanggungjawaban sosial, karya seni music yang telah diciptakan oleh suatu kelompok atau perorangan perlu ditampilkan dalam suatu pergelaran. Diterima atau tidaknya jenis karya seni musik yang diciptakan tergantung dan sikap masyarakat terhadap karya tersebut. Adakalanya suatu karya seni musik terlalu ideal dan tak dapat dipahami oleh khalayak, atau pada segmen-segmen tertentu karya yang dipergelarkan tidak dapat dipahami. Hal itu disebabkan tingkat apresiasi masyarakat terhadap karya seni musik tertentu masih rendah sehingga karya musik yang disajikan sulit dipahami.

Jadwal Kegiatan

Penentuan jadwal kegiatan ketika akan melakukan pergelaran sangat menentukan jumlah penonton. Hal yang perlu dipertimbangkan juga adalah segmen masyarakat yang akan mengapresiasikan jenis musik tersebut. Jenis musik yang dipentaskan untuk kaum muda akan berbeda dengan jenis music yang disuguhkan kepada orang tua atau dewasa. Di samping itu, perlu adanya penyesuaian jadwal sehingga mereka dapat menikmati musik yang akan dipergelarkan. Mereka memiliki kejernihan pikiran dan tidak dibebani oleh tugas-tugas lain sehingga mereka dapat menilai dan menikmati karya yang disajikan.



Teknik Permainan Musik

Sebuah pergelaran seni nnisik adalah sebuah aksi panggung. Penguasaan teknik permainan murlak diperlukan dalam penampilan tersehu t. Kelu npakan dalam mengorganisasi penampilan secara profesional akan rnernberiLii sugesti kekuatan yang besar dalam penampilan. Tanggung jawab masing-masing persomi dan kerapian serta kerja sama juga akan memberikan dorongan psikologis yang kuat pada emosi kelompok sehingga diharapkan akan terjadi transfer offieling (pemindahan perasaan) seperti yang kita inginkan. Di saat inilah dilakukan sebuah pertaruhan kepribadian rnengenai corak dan jenis musik yang dipergelarkan. Berhasil atau tidaknva dalam kornunikasi mi sangar rergantung pada kelompok tersebut dalam menghadapi penonton.

Peralatan Dalam Pagelaran

Peranan peralatan dalarn pergelaran sangar penting. Selain itu. diperlukan kerja sama yang baik antara kru yang memasang peralatan dengan kelompok musik yang akan berpentas agar dapat rampil di panggung sebaik mungkin. Pengecekan peralatan sebelurn pergelaran dirnulai sangat mutlak diperlukan. Efek teknologi suara (sound system) akan mendorong kekuatan suara menjadi lebih besar rerhadap penampilan sebuah grup musik. Apabila rerjadi kegagalan dalam pengaturan sistem peralatan, maka hal itu dapat menyehabkan gagalnya pergelaran.

Desain Panggung

Desain panggung harus rnarnpu memberikan efek-efek khusus yang membuar pergelararl menjadi lebih menarik. Sebuah komposisi dan permainan rata lampu yang spekraktder akan nembuar pertunjukan menjadi lebih atraktif serta mernberikan daya tank hagi pernusik dan penonton. Dengan demikian, mereka benar-benar menikmati musik yang sedang dipentaskan.
Sumber Pustaka: Yudhistira