Persamaan Dan Perbedaan - Peradaban Yunani, Romawi, Inka, Maya, Dan Aztek

Persamaan Dan Perbedaan - Peradaban Yunani, Romawi, Inka, Maya, dan Aztek

Berikut ini adalah perasamaan dan perbedaan antara Yunani, Romawi, Inka, Maya Dan Aztek yang perlu kita ketahui bersama.

Persamaan

Dalam perkembangan sejarah dunia, sejarah Yunani dan Romawi sudah tidak asing lagi bagi masyarakat dunia. Yunani dan Romawi dianggap banyak mewariskan seni budaya dan ilmu pengetahuan kepada masyarakat di seluruh dunia. Tokoh-tokoh ilmu pengetahuan dan Yunani dengan hash karyanya yang memiliki mutu tinggi bahkan sampai sekarang masih relevan dengan perkembangan dunia ilmu pengetahuan. Juga Romawi yang mewarisi banyak pengetahuan seni, budaya, hukum, dan sebagainya dijadikan dasar pengembangan masyarakat Eropa di masa selanjutnya.

Tetapi, masyarakat dunia tidak pernah menyangka bahwa peninggalan-peninggalan dan bangsa Inka, Maya dan Aztek juga memiliki tingkat peradaban ya’hg sudah tinggi. Bahkan seorang penulis dan bangsa Spanyol yang ikut dalam penjelajahan dunia mengatakan, kerajaan-kerajaan bangsa Indian, yaitu Inka, Maya, dan Aztek pada puncak kejayaannya setingkat dengan kerajaan-kerajaan Romawi pada masa Kaisar Octavianus Augustus.



Beberapa persamaan yang diniiliki oleh bangsa-bangsa tersebut antara lain:
  • Bidang kepercayaan
  1. Memuja banyak dewa (bersifat polytheisme)
  2. Mengenal adanya dewa tertinggi yang dipuja oleh masyarakat
  3. Mengenal adanya tempat-tempat pemujaan, yaitu suatu tempat yang disucikan atau dikeramatkan oleh masyarakatnya.
  • Bidang pemerintahan
  1. Mengenal bentuk kerajaan yang dipenntah oleh seorang raja.
  2. Pernah ditaklukkan dan diduduki oeh bangsa asing.
  3. Pernah mempunyai peménntahan teratur dan bahkan mencapai masa kejayaannya.
  • Bidang seni bangunan
  1. Adanya bangunan-bangunan untuk pemujaan para dewa.
  2. Mempunyal bangunan istana yang sangat indah dan megah sebagai tempat tinggal para raja.
  3. Telah dapat membuat patung-patung yang indah dan mengagumkan.

Perbedaan

Perbedaan-perbedaan bangsa Yunan. Romai. Inka, Maya dan Aztek tidak begitu jelas dapat diketahui bagaimana bentuk-bentuknya. Namun para ah: senng mengemukakan bahwa perbedaan yang mencolok di antara bangsa-bangsa tersebut tere.a pad.a peninggalan-peninggalan tertuhs. Bangsa Yunani dan Romawi banyak meninggalkan karya_karya s.asta kepada kita, sedangkan bangsa Inka, Maya, dan Aztek tidak meninggalkan satu pun karya sast-a .a- engetahuan kepada kita. 

Di samping itu tidak ditemukan peninggalan-peninggalan tertuhs yang rrengcar”tarkan tentang sistem dan bentuk pemerintahan dan raja-raja yang pemah berkuasa di kerajaar ira. Maya. dan Aztek. Dan para ahli biasanya menggambarkan keadaan masyarakat bangsa-bangsa rti.. reaui penafsiran pada penlnggalan-peninggalan dan bangsa tersebut.

Secara jela.. dapat dikemukakan beberapa perbedaan. di antaranya:
  1. Dalam pelaksanaan upacara. pada bangsa Indian terutama suku bangsa Aztek dilakukan dengan kurban manusia. sedan;kan pada Dargsa a’nnya tidak.
  2. Dalam pemerintahan. bangsa Yt.rar. car Romawi bersifat Iebih demokratis, sedang pada banga-bangsa Inka, Maya. dan Aztek bersifat absout.
  3. Seni patung, pada bangsa Yunan dan Rom.awi sangat indah dan halus buatannya dan pada bangsa bangsa Inka, Maya. Aztek.
  4. Dalam perekonomian, bangsa Yunani dan Romawi mengenal sistem perdagangan dan pelayaran, sedang bangsa Indian masih memakat sistem barter.
Sumber Pustaka: Erlangga