Pola Permukiman Penduduk Berdasarkan Lokasinya

Pola Permukiman Penduduk Berdasarkan Lokasinya


Pola permukiman penduduk Indonesia sangatlah beragam dan bergantung dan bentang alam yang ada. Pola dan bentuk-bentuk permukiman penduduk sangat tergantung dengan kondisi lingkungan seperti adanya alur sungai, pantai, dan adanya jalan. Pola permukiman yang ada di Indonesia pada dasarnya berpola memusat (sentrifugal) dan bergerombol.

Berubahnya pola permukiman di suatu tempat dan pola menggerombol menjadi pola memanjang atau terpencar pada dasarnya disebabkan olêh adanya faktor fisik yaitu pengaruh bentang alam dan karena faktor sosial dan masyarakatnya sendiri. Berbagai pola permukiman penduduk yang ada di Indonesia diantaranya berikut ini.

Pola Permukiman Penduduk di Daerah Pantai

Pola permukiman penduduk di daerah pantai membentuk pola memanjang mengikuti pola aliran laut dan pantai. Pola yang ada mengarah memanjang di sepanjang pinggiran pantai.



Pola Permukiman Penduduk di Daerah Alur Sungai

Sungai merupakan tempat di mana manusia melakukan berbagai aktivitas seperti mandi, cuci, dan bila mungkin untuk air minum. Di daerah yang memiliki sungai dengan aliran yang tenang dan lebar seperti sungai-sungai di Pulau Kalimantan, sungainya juga berperan sebagai sarana transportasi dengan mengg unakan perahu. Hal inilah yang menyebabkan banyak permukiman penduduk di dekat sungai. Pola permukiman penduduk di daerah alur sungai membentuk pola memanjang mengikuti alur sebuah sungai.

Pola Permukiman Penduduk di Sepanjang Jalan

Jalan merupakan sarana transportasi yang dibuat dan dibangun oleh manusia. Jalan memudahkan manusia bertransportasi dengan menggunakan kendaraan angkut seperti sepeda, sepeda motor, mobil, dan bus. Pola permukiman penduduk di sepanjang jalan membentuk pola mengikuti alur jalan.
Sumber Pustaka: Yudhistira