Pola Persebaran Flora Di Indonesia Pada Ilmu Biologi

Pola Persebaran Flora Di Indonesia


Persebaran flora Indonesia termasuk dalam subkerajaan flora Indonesia-Malaysia di bagian barat dan subkerajaan Australia di bagian timur yang terbagi atas empat wilayah flora, yaitu flora Sumatra-Kalimantan, flora Jawa-Bali, flora Kepulauan Wallacea, dan flora Irian Jaya.

Flora Suniatra-Kalimantan

Sebagian besar wilayah Sumatra dan Kalimantan merupakan wilayah iklim hutan hujan tropik (tipe Af) menurut sistem kiasifikasi iklim Koppen dengan tingkat kelembapan udara dan curah hujan yang relative selalu tinggi sepanjang tahun. Tipe vegetasi didominasi hutan hujan tropik yang merupakan tipe hutan lebat dengan jenis yang sangat heterogen. Beberapa jenis flora khas daerah Sumatra-Kalimantan adalah kayu meranti (Dipterocarpus sp.), berbagai jenis anggrek, berbagai jenis lumut, jamur, dan tumbuhan paku.

Di wilayah pantai Kalimantan dan Sumatra banyak ditemui areal hutan bakau (hutan mangrove) yang merupakan vegetasi khas pantai tropik.



Flora Jawa—Bali

Kondisi iklim kawasan Pulau Jawa dan Bali sangat bervariasi dengan tingkat curah hujan dan kelembapan udara semakin berkurang ke arah timur. Wilayah Jawa Barat didominasi oleh tipe iklim hutan hujan tropik (At) dan iklim monsun tropik (Am). Semakin ke timur, tipe iklim bergeser ke arah tipe iklim yang lebih rendah curah hujannya sehingga ditemui beberapa wilayah iklim sabana tropik (Aw) di Pulau Bali. Keadaan mi membawa pengaruh terhadap pola vegetasi alam yang ada.

Vegetasi alam Pulau Jawa dan Bali berupa hutan hujan tropik, hutan monsun tropik, sabana tropik, dan hutan bakau. Kawasan hutan hujan tropik sebagian besar terdapat di Jawa Barat, seperti di Ujung Kulon, Cibodas, dan Pananjung.

Wilayah utara Pulau Jawa merupakan kawasan hutan monsun tropik (hutan deciduous) yang menggugurkan daunnya pada musim kemarau. Jenis flora khas hutan monsoon tropik yang dijumpai adalah pohon jati (Tectona sp.).

Jenis vegetasi yang mendominasi wilayah Jawa Timur bagian timur dan Pulau Bali adalah vegetasi sabana tropik. Wilayah pegunungan yang cukup tinggi di Pulau Jawa dan Pulau Bali ditutupi oleh jenis vegetasi pegunungan, seperti pinus dan cemara. Daerah pantai Pulau Jawa dan Pulau Bali banyak ditutupi oleh vegetasi hutan bakau.

Flora Kepulauan Wallacea

Wilayah Kepulauan Wallacea adalah pulau-pulau di wilayah Indonesia bagian tengah yang terdiri atas Pulau Sulawesi, Kepulauan Nusa Tenggara, Pulau Timor, dan Kepulauan Maluku. Wilayah mi memiliki sifat iklim lebih kering dan kelembapan udara lebih rendab dibandingkan dengan wilayah Indonesia lainnya.

Corak vegetasinya meliputi vegetasi sabana tropik di wilayah Nusa Tenggara; vegetasi hutan pegunungan di wilayah pegunungan yang terletak di Pulau Sulawesi; serta vegetasi hutan campuran di wilayah Maluku dengan jenis rernpah, seperti pala, cengkih, dan kayu manis. Kenari, kayu eboni, dan lontar merupakan tanaman khas di daerah ini.

Fiora Irian Jaya

Kondisi iklim Irian Jaya sebagian besar merupakan tipe hutan hujan tropik (Af). Jenis vegetasi yang menutupi kawasan Irian Jaya adalah hutan hujan tropik yang bercorak Australia Utara dengan flora yang khas, yaitu Eucalyptus sp. Wilayah Pegunungan Jaya Wijaya ditumbuhi jenis vegetasi tanah tinggi, sedangkan di daerah pantai banyak kita jumpai vegetasi hutan bakau.
Sumber Pustaka: Yudhistira