Proses Demokrasi Menuju Masyarakat Madani Dan Pelaksanaannya

Proses Demokrasi Menuju Masyarakat Madani


Suatu pemerintahan yang kuat dan stabil adalah pemerintahan yang di dukung oleh rakyat. Tidak ada suatu kekuatan lain yang dapat menunjukan atau menghancurkan suatu pemerintahan apabila pemerintahan itu mendapat dukungan dari seluruh rakyat. Dukungan rakyat itu dapat diperoleh apabila rakyat dilibatkan dalam proses pelaksanaan pemerintahaan secara demokratis. Dengan demikian paham demokrasi telah ada dalam kehidupan masyarakat yang mempunyai peranan yang sangat penting dalam pelaksaaan suatu pemerintahan.

Seiring dengan adanya kemajuan dalam masyarakat bahwa dengan makin meningkatnya masyarakat yang bebas buta huruf, tingkat pendidikan, urbanisasi, pembangunan mass media, dan kesejahteraan masyarakat, makin maju dan berkenibang pula kehidupan demokrasinya. Dengan demikian, makin tinggi tingkat social ekonomi suatu negara, makin memungkinkan pula negara tersebut menjadi suatu negara yang demokratis.



Dengan demikian, semakin tinggi tingkat kesadaran masyarakat terhadap pentingnya demokrasi dalam berbagai kehidupan akan menjadikan masyarakat yang dapat hidup mandiri dengan tidak banyak mengharapkan bantuan dan pihak lain. Hal tersebut dapat saja terjadi karena mereka dapat menyelesaikan permasalahan yang dihadapinya dengan jalan musyawarah secara demokratis. Dengan kata lain, mereka dapat menjadi masyarakat madani dalam kehidupannya.

Pelaksanaan demokrasi dalam kehidupan masyarakat telah banyak pilar-pilar demokrasi yang menunjang kelangsungan hidup demokrasi di Indonesia seperti adanya musyawarah desa, lembaga legislatif, partai politik, atau lembaga swadaya masyarakat. Pilar-pilar demokrasi ini harus kita kembangkan dan kita lestarikan dalam kehidupan bermasyarakat. Dengan demikian akan tercipta kehidupan masyarakat dan Negara yang demokratis. Suatu kehidupan masyarakat yang tertib dan tenteram serta stabil, akan membantu terciptanya masyarakat untuk ikut berpartisipasi secara aktif dalam pelaksanaan pemerintahan negara serta mendukungnya dengan sekuat tenaga.
Sumber Pustaka:Yudhistira