Sikap Menghargai Karya Seni Musik Tradisi Nusantara

Sikap Menghargai Karya Seni Musik Tradisi Nusantara


Keragaman musik daerah (tradisi) dengan berbagai keunikannya dapat menambah khasanah budaya nusantara. Alcan tetapi, tidak semua masyarakat Indonesia mengerti dan memahami makna yang terkandung dalam setiap produk budaya, termasuk musik tradi.si. Karena icurang memahami isi kandungan musik tradisi, ada sebagian masyarakat, terutama kaum muda yang tidak menyukai musik daerah, kemudian berpaling ke musik mancanegara.



Agar musik daerah tetap bertahan hidup dan masih ada pendukungnya, maka perlu upaya untuk mempertahankan keberadaan musik daerah, antara lain dengan meningkatkan apresiasi masyarakat terhadap musik daerah.

Apresiasi adalah pengamatan, penilaian, pengayatan, dan sikap menghargai akan sesuatu. Upaya meningkatkan apresiasi masyarakat terhadap seni musik daerah artinya mengajak masyarakat untuk mengerti, memahami, menghayati, dan rnenghargai seni musik daerah. Jika masyarakat sudah mengerti serta memahami isi dan makna yang terkandung di dalamnya, maka akan tumbuh sikap menghargai musik-musik daerah. Kelestarian musik tradisi perlu dijaga karena menyangkutjati din dan identitas bangsa.
Sumber Pustaka Yudhistira