Sikap Positif Terhadap Setiap Peluang Untuk Berprestasi

Sikap Positif Terhadap Setiap Peluang Untuk Berprestasi


Sebagai seorang manusia pancasila yang sejati, pengamalan nilai-nilai Pancasila dan UUD 1945 akan memberikan hal positif dalam menghadapi segala tantangan dan rintangan dalam kehidupannya. Sikap positif sangat perlu dalam bermasyarakat dan bernegara karena akan dapat mendorong dan memberikan inspirasi, berpikir jernih, rasional, dan demokratis dalam bertindak dan berbuat. Sebaliknya, kita tidak boleh memiliki prasangka buruk terhadap orang lain.

Prestasi dapat diraih apabila kerja keras,. tekun, sungguh-sungguh, terencana, dan sistematis dalam mempelajari suatu pekerjaan yang dihadapi sehingga akan menghasilkan nilai tambah baik bagi kemajuan din sendiri maupun untuk kemajuan masyarakat baƱyak. Sikap positif dapat diwujudkan dengan mudah bergaul, suka berbuat baik, suka menolong, dan berhubungan dengan siapa saja. 



Dapat pula diwujudkan dengan menerima keputusan bersama, rela berkorban demi kepentingan bangsa dan negara, serta mengembangkan perbuatan yang luhur dalam suasana kekeluargaan dan kegotong-royongan. Dapat pula dilakukan dengan cara mengembangkan sikap adil terhadap sesama atau menjaga keseimbangan antara hak dan kewajiban bersama.

Sikap positif akan tercermin dalam perbuatan sehari-hari antara lain sebagai berikut.
  1. Menghargai hasil karya orang lain.
  2. Bangga sebagai bangsa Indonesia.
  3. Membayar pajak untuk kepentingan bersama.
  4. Mencintai tanah air dan bangsa Indonesia.
Sebagai warga negara kita harus selalu bersedia kerja keras, menghargai hasil karya orang lain, memupuk sikap tolong menolong, serta menempatkan kesatuan dan persatuan, keselamatan bangsa dan Negara di atas kepentingan pribadi atau golongan.
Sumber Pustaka: Yudhistira