Tempat Dan Latar Belakang Munculnya Peristiwa Sejarah

Tempat Dan Latar Belakang Munculnya Peristiwa Sejarah


Di dalam penelitian sejarah, masalah tempat terjadinya suatu peristiwa nmerupakan masalah yang sangat penting. Apabila peristiwa itu terjadi dalam beberapa dekade terdahulu, barangkali masth dapat diketahui dengan jelas. Seperti tempat dilaksanakarinya upacara Prokiamasi Kemerdekaan Indonesia tanggal 17 Agustus 1945, yaitu di depan rumah kediaman Bung Karno Jl. Pegangsaan Timur no 56 Jakarta (sekarang jalan Prokiamasi dan rumah Bung Karno menjadi Museum Prokiamasi).

Namun bagaimana dengan tempat peristiwa yang telah terjadi pada masa lampau atau dalam kurun waktu ratusan tahun, bahkan sampai ribuan tahun. Dalam hal mi para ahli mengafami kesulitan, sehingga diperlukan penafsiran-penafsiran atau perkraan-perkiraan yang sudah tentu mendekati pada tahap kebenaran. Misalnya, tempat pusat pemerintahan kerajaan Tarumanegara. Hingga sekarang ini para ahli sejarah belum dapat memastikan di mana letak pusat pemerintahan kerajaan Tarumanegara. Tetapi, melalui perkiraan-perkiraan berdasarkan prasasti-prasasti yang ditemukan, maka letak pusat pemerintahan kerajaan Tarumanegara berada di sekitar wilayah Bogor. Bahkan para ahli atau sejarawan selalu mengalami kesulitan dalam menentukan tempat terjadinya suatu peristiwa di masa lampau.



Latar Belakang Munculnya Peristiwa Sejarah

LATAR belakang atau sebab-sebab teijadinya suatu peristiwa merupakan unsur terpenting dalam suatu peristiwa sejarah dibandingkan dengan unsur-unsur lainnya. Latar belakang atau sebab-sebab itu akan mengungkapkan faktor-faktor yang mendorong munculnya peristiwa bersejarah.

Latar belakang sejarah yang mendorong terjadmnya suatu peristiwa bukan hal yang muncul secara tiba-tiba melainkan telah mengalami suatu proses hingga munculnya peristiwa yang dimaksudkannya.

Latar belakang atau sebab-sebab terjadinya suatu peristiwa menjadi penentu utama munculnya suatu pristiwa sejarah. Tanpa adanya latar belakang atau sebab-sebab tersebut, maka peristiwa bersejarah tidak mungkin akan terjadi.



Pembunuhan Pangeran Francis Ferdinand Peristiwa Perang Dunia I bermula dan terbunuhnya Pangeran Francis Ferdinand (Austria-Hungaria) pada tanggal 28 Juni 1914. Ia dibunuh oleh Gavrilo Princip seorang teroris berkebangsaan Serbia. Namun begitu para ahIi berpendapat bahwa penyebab Perang Dunia I tidak hanya terbunuhnya Pangeran Francis Ferdinand tapi ada yang Iebih jauh lagi yakni terjadinya kebanggaan nasionalisme di antara negara-negara Eropa, peningkatan yang tajam jumlah angkatan perang pada sejumlah negara-negara Eropa, penlombaan mendapat daerah-daerah koloni, dan terbentuknya formasi aliansi kekuatan militer pada negara-negara Eropa. Tampak dalam gambar penistiwa penangkapan Gavrilo Princip setelah penembakan terhadap Pangeran Francis Ferdinand.
Sumber Pustaka: Erlangga