Tenaga Pembentuk Muka Bumi Dari Dalam (Tenaga Endogen)

Tenaga Pembentuk Muka Bumi Dari Dalam (Tenaga Endogen)


Bentuk muka Bumi Indonesia sangat bervariasi. Ada daerah yang rendah dan ada daerah yang tinggi. Bentuk muka Bumi atau disebut juga relief muka Bumi adalah tinggi dan rendahnya permukaan Bumi. Bentuk relief dan lapisan kulit Bumi tidak selalu tetap, namun dalam waktu yang cepat atau lambat permukaan Bumi ini akan mengalami perubahan.

Kekuatan atau tenaga yang mempengaruhi perubahan bentuk muka Bumi dapat berupa tenaga dan dalam (endogen) atau tenaga dan luar (eksogen). Tenaga dan dalam biasanya merupakan tenaga pembangun yang akan membentuk kenampakan-kenampakan di permukaan Bumi. Tenaga pembangun mi meliputi gerak tektonik, vulkanisme, dan gempa Bumi.



Gerak Tektonik

Gerak tektonik adalah gerak yang berasal dan dalam Bumi karena magma mengalami gerakan secara terus menerus. Gerakan magma mi dan inti Bumi menuju ke luar atau bergerak ke samping dan berpengaruh terhadap kerak Bumi sehingga ikut bergerak. Gerak tektonik dapat dibedakan menjadi 2, yaitu tektonik orogenesa dan tektonik epirogenesa.
  • Gerak Tektonik Orogenesa
Gerak tektonik orogenesa adalah gerak kulit Bumi yang berjalan relatif cepat meliputi daerah yang sempit. Gerak mi dapat membentuk deretan pegunungan lipatan, misalnya Pegunungan Kendeng di Pulau Jawa. Gerak mi dapat pula membentuk pegunungan patahan, misalnya Pegunungan Selatan di Pulau Jawa dan Pulau Nusakambangan.

Gerak orogenesa dapat juga menyebabkan tanah turun sehingga permukaan Bumi lebih rendah dan sekitarnya yang disebut depresi kontinental.
  • Gerak Tektonik Epirogenesa
Gerak tektonik epirogenesa adalah gerak kulit Bumi yang berjalan pelan dalam waktu lama meliputi daerah yang luas. Arah gerakan tektonik epirogenesa ada yang.ke atas dan ada yang ke bawah. Sebagian contoh yaitu terjadinya dataran tinggi akibat pengangkatan.

Vulkasnisme

Vulkanisme adalah semua gerak yang berhubungan dengan naiknya magma baik di dalam maupun keluar Bumi. Magma adalah cairan yang memijar dan panas bersuhu tinggi yang terdapat di dalam Bunii. Magma yang sudah keluar ke permukaan Bumi melalui kepundan disebut lava.

Gempa Bumi

Gempa Bumi adalah getaran yang dirasakan di permukaan Bumi akibat adanya gerakan lapisan-lapisan dalam Bumi.

Ada 3 jenis gempa Bumi yaitu berikut ini.
  • Gempa Bumi tektonik
Gempa Bumi tektonik terjadi karena adanya pergeseran lapisan kulit Bumi.
  • Gempa Bumi Vulkanik
Gempa Bumi vulkanik terjadi aki kegiatan gunung api sebelum, saat, ataui setelah terjadi letusan.
  • Gempa Bumi Terban ((Runtuhan)
Gempa Bumi terban terjadi akibat tanah runtuh, misalnya di daerah pertambangan dan di gua-gua.
Sumber Pustaka: Yudhistira