Tumbuhan Angiospermae Dan Cara Berkembang Biaknya

Tumbuhan Angiospermae Dan Cara Berkembang Biaknya


Angiospermae berasil dan kata angi artinya tertutup dan sperma artinya benih. Angiospermae mencakup 80% dan semua tumbuhan yang masih hidup. Tumbuhan yang termasuk dalam divisio mi antara lain kebanyakan rumput, semak-semak, pohon-pohon kecuali pinus, tumbuhan berbuah, parasit, dan tumbuhan air.

Karakteristik dan angiospermae adalah bunga yang berfungsi sebagai alat reproduksi mèlalui perkembangan biji. Bunga terdiri atas empat bagian dasar dan tersusun dalam urutan yang terpisah pada ujung batang (bongkol) khusus. Urutan terluar ialah kelopak yaitu daun yang bentbah dan biasanya berwarna hijau. Urutan selanjutnya yaitu mahkota.



Mahkota j uga merupakan daun yang berubah tetapi biasanya bertekstur lebih halus dan merniliki warna yang beragam. Urutan ketiga terdapat benang sari. mengandung kantong gang berisi alat reproduksi jantan. Pada urutan terdalam terdapat bakal buah. struktur betina yang menghasilkan benih. Bakal buah biasanya dibungkus dalam suatu struktur yang disebut putik. Biji angiospermae berkembang dalam ovarium. suatu bagian dalam bakal buah yang tertutup dan melindungi bakal biji yang mengandung telur.

Cara Angiospermae Berkembang Biak

Karena tempat bakal biji tersembunvi di dalam bakal buab. serbuksari tidak dapat langsung sampai pada bakal biji. Mula-mula serbuk sari jatuh pada putik putik. Proses mi disebut penverbukan. Serbuk sari akan sampai dibakal biji melalui tangkai putik. Pada angiospermae terjadi pembuahan ganda. Satu inti sperma membuahi sd telur membentuk embrio dan satu inti sperma membuahi inti kandung lembaga. Setelah pembuahan. setiap bakal biji tumbuh menjadi biji. Setiap hiji dapat tumbuh menjadi saw tumbuhan baru.
Sumber Pustaka: Ganeca Exact