Wilayah Persebaran Fauna Dalam Geografi

Wilayah Persebaran Fauna Dalam Geografi


Daerah biogeografi yang dibuat Wallace pada tahun 1876 inembagi wilayah persebaran fauna ke dalam enam daerah biogeografi Paleartik, Neartik, Oriental, Ethiopia, Australia, dan Neotropik. Masing-masing daerah tersebut ditandai dengan adanya sejumlah spesies yang unik.

Paleartik

Wilayah Paleartik meliputi daerah Eropa dan Asia bagian utara. Wilayah mi hanya memiliki 28 famili Chordata, sembilan di antaranya tersebar di mana-mana. Hewan lain yang terdapat di daerah Paleartik antara lain sapi, domba, burung robin, dan sejenis burung magpie.



Neartik

Wilayah Neartik meliputi Amerika Utara dan Greenland. Banyak persamaannya dengan Paleartik sebab pernah bersatu pada zaman Tersier dan Pleistosen. Terdapat beberapa bentuk hewan yang khas, seperti musang berkantong, tikus berkantong, pronghorn, kalkun liar, dan banyak dijumpai Reptilia.

Oriental

Wilayah Oriental meliputi India dan Asia Tenggara. Wilayah ini bertalian dengan wilayah Ethiopia dan Himalaya. Terdapat daerah transisi antara wilayah Australia dengan Asia Tenggara, yaitu Indonesia.

Hewan-hewan yang dapat dijumpai, antara lain satu spesies gajah, dua spesies badak, beberapa spesies rusa dan antelope, burung kuau, harimau, kadal, serta ular. Tiga spesies tikus kesturi, gabon, orang utan, dan tapir merupakan contoh hewan unik di wilayah ini.

Ethiopia

Wilayah Ethiopia meliputi Afrika bagian selatan, Sahara, dan Arabia Selatan. Wilayah mi merupakan kesatuan yang kompak dan memiliki fauna paling beraneka ragam. Banyak bentuk persamaan dengan wilayah Oriental. Kuda nil, aardvark, burung unta, dan keloinpok hewan pemakan serangga merupakan fauna khas wilayah ini.

Australia

Ada dugaan wilayth Australia pernah dihubungkan oleh daratan dengaii wilayah Oriental. Wilayah Australia memiliki beberapa spesies Mammalia berplasenta. Dan sembilan spesies Mammalia yang ada, delapan di antaranya adalah khas wilayah ini.

Selandia Barn memiliki sangat sedikit fauna, misalnya kelelawar dan burung kiwi, yang mendominasi daerah ini sebelum bangsa kulit putih berhasit mendudukinya. Tokek dan Sphenodon sp. yang menghilang pada zaman kapur masih dapat dijumpai.

Neotropik

Wilayah Neotropik meliputi daerahAinerika Selatan dan memiliki farnili hewan Mammalia yang eksklusif dalam jurnlah terbesar. Enam belas dan tiga puluh dua farnili hewan berkantong, berbagai jenis kera, armadilo, dan burung merupakan fauna khas wilayah ini.

Kadang-kadang suatu wilayah dihuj,ii sedikit spesies hewan tertentu dan hanya dijumpai di daerah perbatasan. Misalnya harimau terdapat di Manchuria, opossom dan raccoon di Neartik, serta beruang berbintik dan sepuluh spesies rusa di Neotropik. 
Sumber Pustaka: Yudhistira