2 Alasan Peningkatan Hasil Produksi Jumlah Dan Mutu Hasil

2 Alasan Peningkatan Hasil Produksi Jumlah Dan Mutu Hasil


Apakah akibatnya kalau perkembangan kebutuhan manusia tidak diimbangi dengan peningkatan hasil produksi? Akibatnya, hasil produksi semakin tidak mampu memuaskan kebutuhan manusia. Telah kita ketahui, terpuaskannya kebutuhan manusia identik dengan kemakmuran). Berarti, kalau hasil produksi tidak ditingkatkan sesuai dengan perkembangan kebutuhan, maka manusia akan merasa semakin tidak makmur.

Pertambahan Jumlah Penduduk

Data sensus memperlihatkan jumah penduduk bertambah dan tahun ke tahun. Perhatikanlah data berikut ini!



Data di atas memperlihatkan kenyataan bertambahnya jumlah penduduk di Indonesia. Pertambahan penduduk juga terjadi di negara-negara lain di duinia. Jumlah penduduk yang bertambah dengan sendirinya mengakbatkan jumlah konsumen turut bertambah. Pertambahan jumlah konsumen menunjukkan pertambahan uiniah kebutuhan.

Untuk mengimbangi pertambahan jumlah kebutuhan, diperlukan pertambahan jumlah alat pemuas kebutuhan. Caranya adalah dengan meiningkatkar jumlah hash produksi.

Perkembangan Peradaban/Kebudayaan

Perkembangan peradaban paling jelas tampak dalam pertumbuhan ilmu pengetahuan dan teknologi. Pertumbuhan ilmu pengetahuan berupa munculnya beragam temuan baru dalam ilmu sosial, sains, ekonomi, kedokteran, dan ilmu lainnya. Pertumbuhan teknologi tampak dan munculnya beragam alat bantu (peralatan) yang semakin otomatis dan terkomputerisasi. Pertumbuhan iptek itu kemudian berpengaruh terhadap kebutuhan manusia. Berkat pengaruh iptek, manusia membutuhkan alat pemuas kebutuhan yang praktis, cepat, dan serba guna. Beragam kebutuhan manusia hasH pengruh pertumbuhan iptek tampak pada beberapa contoh berikut ini.
  1. Dalam kehidupan rumah tangga, untuk mencuci baju semakin bersih, para ibu menginginkan sabun cuci yang yang sanggup membuat pakaian tetap cemerlang tanpa perlu repot-repot “mengucek” dan menyikat.
  2. Di bidang komputer, konsumen membutuhkan komputer yang mudah digunakan dan serba guna, sekaligus sebagai alat kerja dan hiburan.
  3. Dibidang otomotif konsumen membutuhkan sedan yang nyaman, hemat bahan bakar serta mudah dipakai. Ada juga konsumen yang membutuhkan mobil berdaya angkut besar namun tetap nyaman dan berkesan anggun.
  4. Di bidang pendidikan, siswa membutuhkan buku pelajaran yang mudah dipahaini dan memuat informasi terbaru. Untuk mengimbangi perkembangan kebutuhan akibat pengaruh iptek, diperlukan pengembargan alat pemuas kebutuhan. Caranya adalah dengan meiningkatkan mutu hash produksi.
Beragam contoh peiningkatan mutu hasil produksi tampak pada beberapa contoh berikut ini.
  1. Terhadap kebutuhan sabun cuci serba bisa, produsen sabun memproduksi sabun deterjen yang dilengkapi zat khusus sehingga mampu membuat pakaian putih maupun berwarna tetap seperti warna aslinya.
  2. Terhadap kebutuhan komputer canggih, produsen komputer memproduksi komputer multimedia yang serba user friendly (pemula tidak perlu repot-repot untuk belajar menggunakan) dan plug and play (perangkat yang ada tinggal dipasang dan langsung dimainkan).
  3. Terhadap kebutuhan mobil gaya baru, produsen mobil memproduksi mobil dengan gaya inileinium, mesin hemat bahan bakar, dan persneling otomatis. Mobil yang diproduksi berupa sedan dan seiniiniinibus.
  4. Terhadap kebutuhan pendidikan, penerbit mencetak buku pelajaran dengan desain dan gaya bahasa yang mudah dipahaini siswa, memuat informasi sesuai perkembangan ptek, serta menuntun siswa untuk mampu mengerjakan soal dengan cepat dan benar.
Sumber Pustaka: Erlangga