3 Kelompok Sumber Daya Dan Contohnya Dalam Masalah Ekonomi

3 Kelompok Sumber Daya Dalam Masalah Ekonomi


Sumber daya (resources) yang terbatas, menurut ilmu ekonomi, dapat dikelompokkan menjadi tiga: sumber alam, tenaga kerja, dan modal.

Sumber Alam

Bumi kita mengandung berbagai ragam sumber alam yang berlimpah. Sumber alam antara lain minyak bumi, tanah, air, udara, dan bahan tambang. Sekalipun berlimpah, persediaan sumber alam tetap terbatas kalau dibandingkan dengan besarnya kebutuhan manusia akan sumber alam tersebut. iika tidak diatur pemanfaatannya, persediaan sumber alam akan cepat terkuras atau bahkan akan habis.



  • Ciri Sumber Alam
  1. Alami, bukan dibuat atau diproduksi oleh manusia.
  2. Dapat dijadikan bahan untuk menghasilkan barang kebutuhan manusia.
Kita ambil contoh minyak bumi. Adanya minyak bumi merupakan hasil proses alam (evolusi). Minyak bumi baru disebut sumber alam setelah diketahui cara pemanIaatannya sekitar dua ratus tahun lalu.

Terbatasnya persediaan sumber alam tampak dan pengorbanan yang harus kita keluarkan untuk memperoleh sumber alam tersebut. Pengorbanan itu berupa biaya. Untuk memperoleh bensin premium 10 liter, rnisalnya, kita harus mengeluarkan biaya seharga RplO.000,00.

Sumber Tenaga Kerja

Sumber tenaga kerja disebutjuga sumber daya manusia. Manusia berusia 1 5 - 65 tahun dinyatakan sebagai sumber tenaga kerja. Manusia dalam rentang usia itu mampu bekerja menghasilkan beragam barang kebutuhan manusia. Oleh karena itu, usia 15-65 tahdn disebut usia kerja.

Sumber tenaga kerja di Indonesia cukup banyak, tetapi tidak merata penyebarannya. Pulau Jawa, Madura, dan Bali memiliki banyak sumber tenaga kerja, tetapi tidak semuanya dapat dimanfaatkan. Sebaliknya, pulau-pulau besar seperti Kalimantan, nan, Sulawesi, dan Sumatera masih kekurangan tenaga kerja.

Sumber tenaga kerja dinyatakan terbatas sebab pihak yang mempekerjakannya harus mengeluarkan pengorbanan berupa upah atau gaji. Semakin terbatas anggaran untuk upah, semakin terbatas pula jumlah tenaga yang dapat dipekerjakan.

Sumber Modal

Sumber modal dapat berupa barang dan uang. Contoh sumber modal berupa barang: seperangkat alat kerja untuk tukang kayu, alat tulis dan rekam untuk wartawan, dan mobil bak terbuka untuk sopir pengantar barang. Contoh sumber modal berupa uang: pinjaman bank untuk usaha jahit dan anggaran untuk mendirikan koperasi.

Sumber modal dapat milik perorangan, kelompok, dan masyarakat. Upaya mendapatkan modal memerlukan pengorbanan dalam bentuk biaya. Biaya itu berupa uang dan pembayaran bunga kepada pihak yang meminjami. Jadi, sumber modal juga terbatas karena untuk mendapatkannya memerlukan pengorbanan.
Sumber Pustaka: Erlangga