4 Macam Pasar Menurut Waktu Bertemunya Penjual Dan Pembeli

4 Macam Pasar Menurut Waktu Bertemunya Penjual Dan Pembeli

Berikut ini adalah macam-macam pasar yang berdasarkan waktu bertemu penjual dan pembeli.

Pasar Harian

Pasar ini berlangsung setiap hari sehingga penjual dan pembeli dapat bertemu setiap hari. Barang yang diperdagangkan pada pasar harian biasanya barang yang dibutuhkan masyarakat setiap hari.



Pasar Mingguan

Pasar ni berlangsung seininggu.atau sepekan sekali sehingga ada yang menyebutnya pekan. Pasar seperti ini sering terdapat pada daerah yang penduduknya belum begitu padat. Inisalnya, di beberapa daerah pedesaan di Jawa masih terdapat pasar rningguan seperti pasar wage, pon, dan legi.

Pasar Bulanan

Pasar ini berlangsung sebulan sekali. Biasanya barang yang diperjualbelikan sudah tertentu dan pembelinya bukanlah konsumen saja melainkan juga para pedgang.

Pasar Tahunan

Pasar ini berlangsung setahun sekali. Pasar ni ada yang bersifat nasional, bahkan internasional. Misalnya Pasar Malam Sekaten di Yogyakarta yang diseIenggarakan setiap bulan Maulud, Pekan Raya Jakarta (Jakarta Fair) yang diseIenggaralan setiap ulang tahun lahirnya kota Jakarta, Jakarta Book Fair yang diselenggarakan sekitar bulan September, dan Pekan Raya Hannover di Jerman yang bersifat internasional.
Sumber Pustaka: Erlangga