5 Manfaat Penghitungan Pendapatan Nasional

Manfaat Penghitungan Pendapatan Nasional


Pendapatan nasional perlu dihitung untuk berbagai maksud dan tujuan sebagai benikut.

Mengukur Tingkat Kemakmuran

Bila kita menghitung pendapatan nasional suatu negara, sebetulnya kita dapat pula mengukur tingkat kemakmuran suatu negara. Hal itu dikarenakan dalam perhitungan pendapatan nasional akan dihitung semua sumber yang mendatangkan hasil, baik barang maupun jasa selama 1 tahun. Semakin tinggi nilai pendapatan nasional, maka semakin tinggi tingkat kemakmuran negara, demikian pula sebaliknya.



Mengetahui Struktur Perekonomian

Dengan perhitungan pendapatan nasional, dapat diketahui golongan perekonomian dan suatu negara, yaitu agranis atau industri. Selanjutnya, dapat diteliti susunan sektor-sektor lapangan usaha perekonomiannya, seperti sektor pertanian, sektor pertambangan, dan sektor industri. Jika pendapatan nasional lebih dominan berasal dan sektor agraris, maka struktur perekonomian agranis. Jika yang lebih dominan sektor industri, maka struktur perekonomiannya industri.

Mengetahui Pertumbuhan Perekonomian

Perhitungan pendapatan nasional dilakukan setiap tahun sehingga dapat diadakan perbandingan dan tahun ke tahun. Dengan demikian, dapat diketahui kenaikan atau penurunan pendapatan penduduk dihubungkan dengan jumlah penduduk.

Membandingkan Perekonomian Antar Daerah dan Antar Negar

Selain pendapatan nasional, dapat dihitung pendapatan untuk propinsi yang lazim disebut pendapatan regional. Dengan demikan, dapat diketahui struktur perekonomian setiap daerah dan dapat dibandingkan dengan daerah-daerah lainnya, sedangkan pendapatan nasional suatu negara juga dapat dibandingkan dengan negara lain untuk mengetahui apakah negara tersebut tergolong negara yang sudah maju, negara berkembang atau masih terbelakang.

Merumuskan Kebijakan Pemerintah

Jika dikehendaki pertumbuhan pendapatan nasional dengan tingkat tertentu, maka tingkat pertumbuhan harus dialokasikan pada sektor-sektor usaha yang merupakan komponen dan pendapatan nasional itu sendiri. Dengan demikian, kegiatan sektor-sektor dapat terarah dan seimbang sesuai tujuan yang dikehendaki.