7 Bahan Pokok Makanan Sehat Pada Menu Makanan Yang Seimbang

Tujuh Bahan Pokok Makanan Sehat


Kita telah mengenal makanan empat sehat lima sempurna. Selain itu terdapat pula pengelompokan bahan makanan yang lebih terinci, guna mendapatkan kecukupan gizi dan seimbang. Ada tujuh kelompok bahan makanan yang dapat dipilih untuk menyusun makanan. 

Setiap kelompok makanan tersebut mengandung bahan makanan yang diperlukan tubuh. Berikut diuraikan ketujuh kelompok bahan makanan sehat tersebut.


  1. Kelompok I adalah berbagai macam sayuran berwarna hijau dan kuning. Sayuran tersebut mengandung vitamin A, mineral besi, kalsium, dan kalium.
  2. Kelompok II adalah berbagai macam buah-buahan yang berair dan berwarna. Buah-buahan tersebut banyak mengandung vitamin C.
  3. Kelompok III adalah berbagai buah-buahan dan umbi-umbian yang banyak mengandung vitamin A dan C, mineral, dan gula. Misalnya, kentang adalah sumber karbohidrat dan mineral.
  4. Kelompok IV adalah susu atau bahan makanan yang terbuat dan susu, misalnya keju. Susu sapi mengandung karbohidrat, lemak, protein, zat kapur, fosfor serta beber apa vitamin A, Bi, dan B2.
  5. Kelompok V adalah daging (sapi, ayam, ikan) dan telur. Bahan makanan tersebut mengandung protein hewani. Protein tumbuhan dapat diperoleh dan kacang-kacangan. Makanan tersebut juga mengandung lemak, vitamin B, dan zat besi.
  6. Kelompok VI adalah beras, jagung, tepung terigu, ketela, kentang, roti, dan sagu. Makanan-makanan ini mengandung karbohidrat. protein, dan vitamin B (pada kulit anberas).
  7. Kelompok VII adalah makanan yang mengandung min yak, misalnya minyak kelapa, mentega, margarin, kacang tanah. wijen. dan gajih. Mentega terbuat dan lemak susu; sedangkan margarin terbuat dan minyak tumbuhan misalnya minyak kelapa sawit, minyak kedelai, minyak dan biji kapas atau bunga matahari. Selain sebagai sumber energi. lemak juga merupakan bahan pelarut vitamin A,D,E.dan K.
Sumber Pustaka: Erlangga