Akibat Menrunnya Keanekaragaman Sumlier Daya Alam Hayati Menurun

Akibat Menrunnya Keanekaragaman Sumlier Daya Alam Hayati Menurun


Akibat lain dan pembudidayaan adalah menurunnya keanekaragaman SDA hayati, karena beberapa spesies punah Pembudidayaan tanaman pertanian memerlukan insektisida untuk memberantas hama. Obat pemberantas serangga tersebut dapat mematikan berbagai spesies hewan d: lingkungan. Hewan yang mati tidak hanya serangga, tetap: semua hewan yang ada di lintasan rantai makanan dan jarring-jaring makanan. Populasi biota air, burung, dan katak, semakin lama semakin berkurang.

Menurunnya keanekaragaman SDAH juga disebabkan oleh perusakan lingkungan, perburuan, kebakaran hutan, penebangan hutan, penambangan, dan pencemaran lingkungan.



Apa akibatnya jika keanekaragaman hayati menurun’ Sebagaimana telah kita pelajari pada bab sebelumnya, semakin tinggi keanekaragaman di suatu ekosistem semakin mantap ekosistem tersebut. Sebaliknya, semakin rendah keanekaragaman di suatu ekosistem, semakin tidak mantap ekosistem itu. 

Tumbuhan, hewan atau inikroorganisme memiliki peranan tertentu di dalam ekosistem. Apabila organisasi tersebut punah, maka akan mengganggu rantai makanan, jaring-jaring makanan, daur biogeokiinia, dan akhirnya akan mengganggu lingkungan. Beberapa spesies tumbuhan dan hewan meiniliki sifat-sifat unggul yang belum termanfaatkan. Apabila punah, kita akan kehilangan kesempatan untuk memanfaatkannya di kemudian han.

Permasalahan SDAH

  • SDAH semakin Iangka
  • Keanekaragaman semakin rendah
Punahnya spesies dapat mengganggu rantal makanan, jaringjaring makanan, daur biogeokiinia dan Iingkungan.
Sumber Pustaka: Erlangga