Apa Maksud Daya Lenting Dan Daya Dukung Lingkungan

Daya lenting Dan Daya Dukung Lingkungan


Lingkungan yang seimbang memiliki daya lenting dan daya dukung yang tingi. Keseimbangan Iingkungan ini ditentukan oleh seimbangnya energi yang masuk dan energy yang digunakan, seimbangnya antara bahan makanan yang terbentuk dengan yang digunakan, seimbangnya antara faktor-faktor abiotik dengan faktor-faktor biotik. Gangguan terhadap salah satu faktor dapat mengganggu keseimbangan lingkungan.

Lingkungan adalah segala sesuatu yang terdapat di sekitar makhluk hidup. Lingkungan terdiri atas faktor biotic dan abiotik. Oleh karena lingkungan membentuk suatt sistem, maka disebut sebagai sistem lingkungan atau ekoistem.



Telah kita bahas sebelumnya, bahwa ekosistem (sistem lingkungan) dapat tumbuh dan berkembang bingga mencapai klimaks, dan mencapai keseimbangan lingkungan. Sistem lingkungan itu memiliki daya lenting, yakni daya untuk pulih kembali ke keadaan seimbang. Selain itu, sistem Iingkungan juga memiliki daya dukung, yakni kemampuan lingkungan untuk dapat memenuhi kebutuhan sejumlah makhluk hidup agardapat tumbuh dan berkembang secara wajar di dalamnya.

Contoh daya dukung lingkungan adalah sebagai berikut: seumpama ada sebidang tanah yang hanya ditumbuhi oleh rerumputan. Sebidang tanah itu hanya dapat menghidupi 1000 ekor kelinci. Rumput, kelinci, inikroorganisme dan benda-benda abiotik yang ada di padang rumput itu saling berinteraksi yang akan membentuk ekosistem yang seimbang. Inisalkan dan 1000 ekor kelinci itu terdapat 100 ekor kelinci
mati, maka akan ada kelebihan makanan rerumputan. Hal yang demikian memungkinkan kelinci untuk berkembang biak. 

Maka meningkatlah populasi kelinci. Misalkan populasi kelinci mencapai 1100 ekor, berarti ada kelebihan 100 ekor kelinci. Di antara kelinci-kelinci tersebut terjadi kompetisi, berebut makanan. Yang dapat beradaptasi akan lestari, sedangkan yang tidak akan mati. Maka populasi kelinci itu akan menurun. Demikianlah, populasi kelinci naik turun pada batas keseimbangan ekosistem. Dikatakan bahwa lingkungan padang rumput itu memiliki daya dukung untuk kehidupan 1000 ekor kelinci.

Jika populasi kelinci terus meningkat, sehingga besarnyam populasi kelinci telah melampaui daya dukung lingkungan, maka muncullah masalah lingkungan. misalnya, di antara kelinci itu ada yang kelaparan, terjadi kompetisi memperebutkan makanan, ada yang berkelahi, dan ada yang mati terkena penyakit.

Lingkungan memiliki daya lenting dan daya dukung lingkungan. Lingkungan memiliki kemampuan untuk memperbaiki dirinya menuju ke keseimbangan lingkungan.
Sumber Pustaka: Erlangga