Apa Yang Di Maksud Dengan Pola Konsumsi?

Apa Yang Di Maksud Dengan Pola Konsumsi


Barang dan jasa yang dikonsumsi oleh konsumen yang satu tidak selalu sama dengan konsumen yang lain. Demikian pula, barang dan jasa yang dikonsumsi oleh konsumen yang sama dapat berbeda untuk waktu yang berbeda. Mengapa demikian? Alasannya, pola konsumsi tiap orang dipengaruhi oleh sejumlah faktor yang membuat tingkat kebutuhan terhadap barang dan jasa menjadi beraneka ragam.



Bandingkanlah kebutuhanmu dengan kebutuhan teman sekelas. Bandingkanlah juga kebutuhanmu dengan kebutuhan ayah atau ibumu. Kalian akan menemukan sejumlah perbedaan. Yang menarik, akan kalian temukan juga perbedaan antara kebutuhanmu skarang dengan kebutuhanmu beberapa tahun lalu. Perbedaan itu menunjukkan adanya keberagaman kebutuhan akan barang danjasa. Keberagaman itu membuktikan adanya pola konsumsi yang berbeda untuk tiap orang pada jangka waktu tertentu.

Pada dasarnya, pola konsumsi dipengaruhi oleh sejumlah faktor berikut
  1. usia,
  2. jenis kelamin,
  3. tingkat pendidikan,
  4. harga barang/jasa,
  5. kebudayaan masyarakat sekitar,
  6. jenis pekerjaan,
  7. jumlah anggota keluarga,
  8. pendapatan,
  9. agama,
  10. Lingkungan tempat tinggal, dan
  11. gaya hidup.
Kalian bisa membedakan susunan kebutuhan untuk sebulan bagi siswa putra dan siswa putri; untuk siswa Sekolah Dasar dan siswa SLTF untuk siswa di kota dan siswa di desa, untuk siswa dan anak dokter dan dan anak petani. Tentu kalian bisa menyimpulkan bahwa kebutuhan konsumen satu dan konsumen lain memang berbeda.
Sumber Pustaka: Erlangga