Bagian-Bagian Bunga Sebagai Alat Perkembangbiakan Generatif Tumbuhan

Bagian-Bagian Bunga Sebagai Alat Perkembangbiakan Generatif Tumbuhan


Bunga tumbuhan ada yang memiliki semua bagian bunga dan ada yang hanya memiliki beberapa bagian bunga. Bagian-bagian bunga meliputi perhiasan bunga dan alat kelamin bunga.

Perhiasan bunga

Perhiasan bunga adalah bagian bunga yang tampak berbentuk lembaran seperti daun. Perhiasan bunga pada umumnya meliputi kelopak dan mahkota bunga. Kelopak terletak pada lingkaran luar, biasanya berwarna hijau. Pada waktu bunga masih kuncup, kelopak berfungsi selubung yang melindungi bunga.



Mahkota bunga terletak pada lingkaran sebelah dalam, biasanya berwarna-waini. Warna mahkota bunga berfungsi menarik serangga penyerbuk. Selain itu, mahkota bunga juga berfungsi melindungi benang sari dan putik, dan sebagai tempat hinggap serangga yang akan mengisap madu. Kadang-kadang, tidak dapat dibedakan antara kelopak dan mahkota bunga. Perhiasan yang deinikian disebut dengan renda bunga. Contohnya adalah bunga cempaka gading, pisang, dan kembang sungsang. Perhiasan bunga ada yang terdiri dan bagian yang terpisah-pisah berupa helaian lepas-lepas, ada pula yang pada bagian pangkal atau keseluruhan bagian-bagiannya bersatu.

Alat kelainin bunga (Atat perkembangbiakan)

Bagian kelainin bunga terdiri dan alat pembiakan jantan yaitu benang sari dan alat pembiakan betina yaitu putik. Benang sari berada pada lingkaran sebelah luar putik.
  • Benang sari
Benang sari terdiri dan kepala sari dan tangkai sari. Di dalam kepala sari terjadi pembentukan serbuk sari. Bila serbuk sari ini jatuh di kepala putik akan terbentuk buluh serbuk sari dan inti generatif membelah mehjadi 2 inti sperma. Beberapa jenis bunga mempunyai benang sari tidak sama panjang. Inisalnya bunga turi, buncis, dan kacang tanah mempunyai benang sari berjumlah sepuluh yang terpisah menjadi dua tukal (berkas). Satu benang sari terpisah dan sembilan lainnya bersatu. Pada bunga sepatu, seluruh tangkai benang sari berlekatan membentuk tabung tangkai sari yang mengelilingi putik. Bagian tangkai sari yang tidak berlekatan sangat pendek, yang terletak di ujung dan mendukung kepala sari.
  • Putik
Putik biasanya terletak di bagian tengah bunga dan dikelilingi oleh banyak benang sari. Bagian-bagian putik adalah kepala putik, tangkai putik, dan bakal buah. Bakal buah terletak paling dekat dengan dasar bunga. Bentuk bakal buah bervariasi. Bakal buah turi serupa tian yang terletak di atas pangkal perhiasan bunga. Bentuk bakal buah bunga tasbih seperti gentong dan terbungkus oleh da’ bunga. Pada dasarnya, bentuk bakal buah berkaitan erat dengan bentuk buah yang akan terbentuk.

Bakal buah berisi satu atau lebih bakal biji. Di dalam bakal biji terdapat kandung lembaga, yang berisi beberap sel. Salah satu di antara kandung lembaga itu adalah telur, yang intinya akan dibuahi oleh inti sperma. Setelah terjadi pembuahan, dinding bakal buah akan menjadi buah, dan bakal biji berkembang menjadi biji.
Sumber Pustaka: Erlangga