Cara Perkembangbiakan Makhluk Hidup (Vegetatif)

Cara Perkembangbiakan Makhluk Hidup (Vegetatif)


Cara organisme berkembang biak dapat dibedakan menjadi dua macam, yaitu secara vegetatif dan generatif. Berkembang biak secara vegetatif artinya menghasilkan keturunan secara tak kawin atau melakukan perkembangbiakan secara seksual. Sedangkan berkembang biak secara generatfartinya menghasilkan keturunan melalui perkawinan atau melakukan perkembangbiakan secara seksual.

Pada perkembangbiakan vegetatif, keturunan barn terjadi tanpa didahului oleh peleburan garnet jantan dan garnet betina. Dengan kata lain, perkembangbiakan vegetatif rnerupakan proses memperoleh keturunan baru hanya dan satu induk. Berdasarkan proses terjadinya, perkembangbiakan vegetatif dapat dibedakan menjadi dua macam yaitu secara alami dan buatan. Secara alaini artinya terjadi tanpa bantuan manusia. Secara buatan bila terjadi dengan bantuan manusia.



Coba perhatikan serumpun pohon pisang yang ada di sekitar rumahmu atau di kebun sekolah. Pada aat ditanam, hanya ada satu batang pohon pisang, tapi kemudian tumbuh menjadi banyak. Hal ini terjadi karena tumbuhan pisang berkernbang biak dengan tunas. Jadi rurnpun pohon pisang itu berasal dan tunas-tunas yang dihasilkan oleh batang pisang. Perkernbangbiakan vegetatif pada pisang tersçbut terjadi tanpa bantuan manusia, sehingga disebut perkembangi akan vegetatif alami. Contoh perkernbangbiakanvegtaiif alami yang lain adalab membelah din, fragmentasi, dan membentuk spora.

Contoh lainnya, untuk mernperoleh beberapa tanarnan singkong baru. petani rnemotong batang singkong menjadi beberapa bagian dan rnenanamnya kembali. Cara seperti itum disebut setek. Perkernbangbiakan vegetatif yang melibatkan manusia secara langsung disebut perkembangbiakan vegetative buatan. Contoh perkembangbiakan vegetatif buatan yang lain adalah mencangkok dan merunduk.

Perkembangbiakan secara vegetatif menghasilkan keturunan yang sifatnya identik dengan induknya. Misalnya, tanaman jeruk hasil cangkokan dan tanaman jeruk manis akan menghasilkan jeruk yang manis pula.
  1. Perkembangbiakan vegetatif adaiah proses memperoleh keturunan baru tanpa didahulul oleh peleburan antara garnet jantan dan garnet betina.
  2. Perkembangbiakan vegetatif alami antara lain dengan cara membelah diri, fragrnentasi, mernbentuk tunas, dan membentuk spora.
  3. Perkembangbiakan vegetatif buatan antara lain dilakukan dengan cara setek mencangkok dan merunduk
  4. Perkembangbiakan vegetatif menghasilkan keturunan yang sfatnya identik dengan induknya.
Sumber Pustaka: Tiga Serangkai