Contoh Tindakan Yang Menunjukkan Upaya Membela Negara

Contoh Tindakan Yang Menunjukkan Upaya Membela Negara


Upaya bela negara warga negara sebenarnya bukan hanya berhubungan dengan upaya mempertahankan negara Kesatuan Republik Indonesia dan ancaman dan serangan musuh, melainkan merupakan upaya warga negara untuic mempertahanlcan dan memajukan bangsa Indonesia di segala bidang. Contoh tindakan yang menunjukkan upaya bela negara tersebut, antara lain dapat dilihat dan perjuangan putra dan putri bangs Indonesia, baik di bidang pertahanan keamanan maupun di bidang lainnya.

Perjuangan Merebut dan Mempertahankan Kemerdekaan

Perjuangan merebut dan mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia merupakan contoh nyata bagaimana putra-putri Indonesia berjuang membela bangsa dan negaranya dan penindasan dan serangan bangsa lain. Hal ini antara lain tampak dalam perjuangan Angkatan 08, Angkatan 28. dan Angkatan 45.



Perjuangan Angkatan 08 ditandai dengan tumbuhnya berbagai perhimpunan dan organisasi yang bertujuan memajukan bangsa dan meningkatkan kesadaran nasional masyarakat. Angkatan 08 ini diawali dengan berdirinya Budi Utomo yang selanjutnya diikuti dengan berdirinya berbagai organisasi lainnya. Para tokoh angkatan ini berjuang bersama-sama masyarakat untuk memajukan bangsa dan meningkatkan kesadaran berbangsa dan bernegara sampai akhirnya mengarah kepada tercapainya Indonesia merdeka.

Demikian juga masa yang dialaini Angkatan 28. Pada masa ini putra - putri bangsa kembali menunjukkan kegigihannnya dalam perjuangan membela bangsa. Mereka sadar betapa pentingnya persatuan dan kesatuan untuk melawan dan mengusir penjajah. Oleh karena itu, dengan tekd bulat dan semangat membara mereka ikrarkan Sumpah Pemuda yang mengedepankan persatuan dan kesatuan bangsa di atas kepentingan golongan dan icepentingan yang bersifat kedacrahan. Ikrar Sumpah Pemuda tersebut ternyata mempunyai pengaruh yang kuat dalam memupuk rasa kebersamaan, nasionalisme, persatuan, dan kesatuan untuk merebut kemerdekaan. Perjuangan ini merupakan sikap nyata tindakan membela negara untuk mewujudkan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Perjuangan angicatan 08 dan 28 ini kemudian dilanjutkan oleh angkatan 45. Perjuangan mereka bukan saja berhasil memprokiamasikan kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus 1945 melainkan juga berhasil mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia. Mereka berjuang mepertaruhkan nyawa deini bangsa dan negara.

Perjuangan di Bidang Lain

Perjuangan di bidang lain dapat terlihat dan perjuangan putra putri Indonesia di bidang olah raga, seni budaya, dan ilmu pengetahuan-teknologm. Di bidang olah raga, inisalnya perjuangan tim bulu tangkis Indonesia untuk merebut Piala Thomas dan Ubber merupakan wujud perjuangan membela negara di bidang olah raga. Demikian juga perjuangan atlet-atlet cabang olah raga lainnya. Mereka berjuang untuk dapat memenangkan setiap pertandingan yang dilakukan agar dapat mengenalkan sekaligus mengharumkan nama Indonesia di mata dunia.

Demikian pula dengan keikutsertaan beberapa penyanyi Indonesia dalam festival tingkat dunia merupakan wujud perjuangan membela negara. Hal ini merupakan wujud perjuangan membela negara di bidang seni budaya. Sementara perjuangan membela negara di bidang ilmu pengetahuan dan teknologm dapat kita lihat dalam kegigihan putra-putri pelajar Indonesia dalam pergelaran olimpiade matematika atau fisika tingkat dunia. Mereka semua merupakan pejuang-pejuang yang membela bangsa dan negaranya.
Sumber Pustaka: Erlangga