Dasar Pemilihan Media Iklan Dalam Distribusi Dan Pasar

Dasar Pemilihan Media Iklan


Berikut ini adalah dasar dari pemilihan media iklan yang perlu kita ketahui.

Golongan konsumen

Media ikian yang digunakan harus sesuai dengan konsumen yang menjadi sasaran. Apabila konsumen yang menjadi sasaran adalah remaja SLTP, maka media iklan yang dipilih adalah media yang akrab dengan dunia remaja, seperti majalah remaja dan program TV yang digemari remaja.



Apabila konsumen yang menjadi sasaran adalah para burumah tangga, maka media iklan yang dipilih adalah media yang akrab dengan dunia para ibu, seperti majalah atau tabloid wanita, program radio atau TV yang membahas dunia rumah tangga, serta program telenovela. Cobalah, kalian cermati program TV khusus untuk remaja! Akan kalian lihat, iklan yang muncul adalah produk untuk remaja.

Tempat tinggal konsumen

Media ikian yang digunakan harus sesuai dengan tempat konsumen menetap. Tempat tinggal berpengaruh terhadap perilaku belanja konsumen yang bersangkutan. Konsumen yang menetap di perkampungan biasanya berbelanja di warung atau pasar tradisional. Untuk konsumen seperti ini, media iklan yang paling tepat adalah berupa poster yang ditempel di dinding warung.

Dana yang tersedia

Media ikian yang berbeda memerlukan biaya yang berbeda pula. Perusahaan biasanya merencanakan dana untuk ikian dalam jumlah tertentu. Perencanaan ini penting agar jangan sampai biaya yang keluar untuk ikian tidak sebanding dengan penjualan yang diperoleh. Media klan yang dipilih harus sesuai dengan dana yang dianggarkan.

Agar bisa mempengaruhi konsumen, iklan harus menarik perhatian, mencolok, dan bisa memikat hati bagi yang melihat, membaca, atau mendengarnya. Iklan bisa menarik perhatian kalau bentuk dan warna huruf maupun gambar yang digunakan harmonis. Selain itu, rekiame harus memberikan kesan kepada konsumen bahwa barang yang ditawarkan murah harganya, baik kualitasnya, tinggi kegunaannya, dan terjainin timbangan/ ukurannya. Rekiame yang bagus bisa membangkitkan minat masyarakat untuk membeli barang yang direklamekan.
Sumber Pustaka: Erlangga