Definisi Distribusi Dan Contohnya Dalam Kegiatan Ekonomi

Definisi Distribusi


Distribusi merupakan kegiatan penyaluran barang dan jasa dan produsen ke konsumen. Berkat distribusi, barang dan jasa yang dihasilkan produsen dapat sampai ke pihak-pihak yang membutuhkan. Manusia (bisa perorangan bisa pula kelompok) yang melakukan kegiatan distribusi disebut distributor.

Kegiatan distribusi ini sangat penting bagi kelancaran kehidupan ekonomi di masyarakat. Jika distribusi suatu barang atau jasa tidak lancar, masyarakat konsumen akan merasakan akibatnya. Barang dan jasa hasil produksi yang tidak didistribusikan secara lancar dan merata dapat mengakibatkan naiknya harga barang dan jasa yang bersangkutan. Kalau masalah ini terjadi, konsumen akan mengalami kerugian.



Kegiatan distribusi tidak harus berjalan dan produsen ke konsumen. Dapat terjadi kegiatan ini berjalan dan produsen barang tertentu ke produsen Iainnya yang memerlukan barang tersebut sebagai bahan mentah proses produksinya. Contoh, seorang distributor dapat mendistribusikan gula (dan produsen gula) ke produsen roti atau kembang gula. Distribusi itu terjadi karena produsenkembang gula atau produsen roti memang memerlukan gula (sebagai komoditas setengah jadi) untuk bahan baku dalam proses produksi. Contoh lain, seorang distributor dapat mendistribusikan kain dan pabrik tekstil (produsen kain) ke pabrik garmen (produsen pakaian jadi). Distribusi merupakan kegiatan penting bagi perekonoinian masyarakat. Distributor membantu baik produsen maupun konsumen. Manfaat distributor akan lebih terasa kalau jarak antara produsen dan konsumen sangat jauh.

Mengapa distributor mau melakukan kegiatan distribusi? Alasannya adalah untuk mencari laba. Distributor menjual barang dengan harga yang lebihtinggi daripada harga pembelian dan produsen. Akan tetapi, keberhasilan distributor tetap ditentukan oleh kesediaan konsumen memakai (membeli) suatu hasil produksi. Kesediaan itu ditentukan oleh apakah hasil produksi itu sesuai dengan kebutuhan konsumen. Dengan deinikian, keberhasilan distribusi amat bergantung kepada tingkat kebutuhan konsumsi.
Sumber Pustaka: Erlangga