Dua Anggapan Dalam Hukum Permintaan

Dua Anggapan Dalam Hukum Permintaan


Hukum permintaan menyatakan bahwa jumlah barang yang diminta berbanding terbalik dengan tingkat harga barang. Berarti, rumusan hukum permintaan hanya menunjukkan hubungan berbanding terbalik (negatif) antara jumlah barang yang diminta dan tingkat harga. Hukum permintaan berlaku berdasarkan sejumlah anggapan atau pengandaian.
  1. Jumlah barang yang diminta dipengaruhi oleh tinggi rendahnya tingkat harga. Hukum permintaan tidak memperhatikan pengaruh jumlah barang yang diminta terhadap tinggi rendahnya tingkat harga.
  2. Faktor-faktor selain harga yang dapat mempengaruhi jumlah barang yang diminta dianggap tetap, ceteris paribus.



Mengapa kalau harga naik menyebabkan turunnya jumlah barang yang diminta? Setidaknya ada dua alasan penting, yang menyebabkan turunnya jumlah barang yang diminta.
  1. kenaikan harga menyebabkan turunnya daya beli konsumen, yang kemudian mengakibatkan jumlah barang yang diminta menjadi turun,
  2. kenaikan harga suatu barang mendorong seorang konsumen untuk membeli barang pengganti yang harganya reltif lebih murah.
Dalam contoh Bu Rini di atas, jika harga melon terus naik sedangkan pend apatan keluarga tetap (ingat, kebutuhan keluarga Bu Rini tidak hanya membeli melon), maka Bu Rini akan mengurangi jumlah melon yang dibeli bahkan mungkin akan membeli buah lain yang harganya lebih murah.
Sumber Pustaka: Erlangga