Intermediet Pada Gen Pengendali Sifat Makhluk Hidup

Intermediet Pada Gen Pengendali Sifat Makhluk Hidup


Intermediet adalah sifat antara yang berada di antara sifat dominan dan resesif. Hal mi terjadi karena adanya dominansi tak sempurna. Misalnya, ketika disilangkan bunga pukul empat (Mirabilis jalapa) merah dengan bunga pukul empat putih, menghasilkan keturunan pertama (F1) yang berbunga merah muda. Jika dilakukan persilangan sesama Fl, akan dihasilkan keturunan pada F2 dengan perbandingan merah : merah muda : putih = 1 : 2 : 1.

Warna merah muda tersebut dikenal sebagai sifat iflterm ediet. Warna merah muda terjadi karena adanya dominansi tak sempurna dan warna merah. Walaupun demikian, dan warna ini masih menampaldan tanda bahwa warna merah dominan terhadap putih. Karena itu simbol merah adalah

MM dan simbol putih adalah mm dan merah muda adalah Mm. Jika dianalisis dengan papan catur akan diperoleh hasil seperti di bawah ini.



Perbandingan warna merah : merah muda : putih = I

2: 1, atau kalau digabung merah : putih = 3: 1. Perbandingan ini sesuai dengan hukum Mendel. Dan papan catur di atas, manakah individu homozigot dan manakah yang heterozigot?
Sumber Pustaka: Erlangga