Jenis Perusahaan Menurut Lapangan Usaha Dan Letak Perusahaannya

Jenis Perusahaan Menurut Lapangan Usaha Dan Letak Perusahaannya

Berikut ini adalah jenis lapangan usaha dan letak perusahaannya.
  • Ekstraktif
Kegiatan ekstraktif adalah kegiatan produksi berupa pengambilan atau pengumpulan hasil alam. Misalnya: pengilangan minyak, penambangan batu bara serta bahan tambang lain, pengolahan kayu serta hash hutan lain, dan penangkapan ikan kekayaan laut lainnya. Minyak bumi, bahan tambang, hasil hutan, dan kekayaan laut ada bukan karena dibudidayakan oleh manusia. Barang-ba rang tersebut disediakan oleh alam.


  • Agraris
Kegiatan agraris adalah aktivitas produksi yang menggunakan daya dukung tanah sebagai faktor produksi utama. Misalnya: kegiatan pertanian, perkebunan, perikanan, dan peternakan. Semua kegiatan tersebut menggun akan lahan tanah sebagai faktor produksi utamanya. Penangkapan ikan di tambak karena ikannya sudah besar (siap dipanen) juga merupakan contoh produksi agraris, bukan ekstraktif, karena ikan tersebut dibudidayakan.
  • Industri
Kegiatan industri adalah kegiatan mengolah suatu barang menjadi barang lain yang Iebih sempurna atau lebih berguna. Misalnya: pengolahan kapas menjadi benang, pembuatan kain dengan bahan dasar benang, pembuatan pakaian dengan bahan kain, pembuatan roti dengan bahan dasar tepung, pembuatan ban dengan bahan dasar karet, pembuatan sepeda dengan bahan besi dan pembuatan kertas dengan bahan merang. Barang yang diolah berubah bentuk atau sifatnya, dan barang hasil olahan tersebut menjadi lebih berguna.
  • Perdagangan
Perdagangan adalah kegiatan membeli barang dan kemudian menjualnya kembali tanpa mengolah barang tersebut. Kegiatan perdagangan mi berlangsung dengan menggunakan alat tukar berupa uang. Misalnya, kegiatan yang dilakukan oleh agen, distributor, atau pedagang. Dengan perdagangan ini timbul pasar-pasar, toko-toko, dan tempatjual-beli barang lain nya.
  • Jasa
Bidang kegiatan jasa adalah kegiatan produksi dengan hasil yang tida berupa benda. Misalnya: kegiatan guru mengajar di kelas, kegiatan dokte memeriksa pasien, kegiatan awak bus mengantarkan para penumpanckegiatan satpam menjaga keamanan pabrik, dan kegiatan tukang pija mengurut kaki pasien yang terkilir. Manfaat kegiatan tersebut dapat dirasaka oleh konsumen (menjadi pintar, sehat, selamat sampai di tempat, kaki tidak lagi sakit). Akan tetapi, apa yang dinikmati konsumen tersebut tidak kelihatan karena bukan berwujud barang dalam arti kebendaan.

Letak Perusahaan

Suatu perusahaan, baik besar maupun kecil harus terletak di suatu tempat. Tempat yang digunakan untuk mendirikan perusahaan biasa disebut sebagai letak perusahaan. Untuk menentukan letak perusahaan, pengusaha perlu memperhatikan berbagai hal agar tempat tersebut dapat mendatangkan keuntungan baginya.
  1. dekat dengan bahan-bahan yang dibutuhkan perusahaan,
  2. berada di daerah yang tersedia banyak tenaga kerja,
  3. dekat dengan daerah pemasaran,
  4. dekat dengan fasilitas umum, misalnya: jalan, listrik, telpon, dan pelabuhan,
  5. mudah berkomunikasi dengan pemerintah.
Sumber Pustaka: Erlangga