Jenis Uang Giral Dan Uang Quasi Berdasarkan Negara Yang Mengeluarkannya

Jenis Uang Giral Dan Uang Quasi


Perkembangan tukar-menukar semakin meningkat sejalan dengan meningkatnya perkembangan ekonomi. Oleh karena itu, menuntut adanya alat tukar yang lebih mudah, praktis dan arnan. Untuk dapat mengantisipasi hal tersebut diciptakanlah uang giral (uang bank). Di Indonesia. bank yang menciptakan uang giral, yaitu bank umum selain Bank Indonesia sebab menurut UU No. 7 tentang Perbankan tahun 1992 uang giral merupakan tagihan yang ada di bank umum (demand deposit), yang dapat digunakan sewaktu-waktu sebagai alat pembayaran. Bentuk uang giral dapat berupa cek, giro, atau telegrafic transfer.

Uang giral bukan merupakan alat pembayaran yang sah, artinya masyarakat boleh menolak dibayar dengan uang giral sebab beredarnya uang giral hanya di kalangan tertentu saja. Misalnya, orang yang memiliki rekening di bank, orang yang tahu seluk-beluk uang giral, dan pengusaha.



Terjadinya Uang Giral

Uang gial dapat terjadi dengan cara berikut.
  1. Penyetoran uang runai kepada bank dan dicatat dalam rekening koran atas nama penyetor, penyetor menerima buku cek dan buku giro bilyet. Uang tersebut sewaktu-waktu dapat diambil atau penyetor menerima pembavaran piutang dan debitur melalui bank. Penerimaan piutang itu oleh bank dibukukan dalam rekening koran orang yang bersangkutan. Cara tersebut di atas disebut primary deposit.
  2. Karena transaksi surat berharga. Uang giral dapat diciptakan dengan cara seseorang menjual surat berharga ke bank dan bank membukukan hasil penjualan surat berharga tersebut sebagai deposit dan yang menjual. Cara ini disebut derivative deposit.
  3. Mendapat kredit dan bank yang dicatat dalam rekening koran dan dapat diambil sewaktu-waktu. Cara mi disebut loan deposit.

Keuntungan Menggunakan Uang Giral

Keuntungan menggunakan uang giral sebagai berikut.
  1. Memudahkan pembayaran karena tidak perlu menghitung uang.
  2. Alat pembayaran yang dapat diterima untuk jumlah yang tidak terbatas, nilainya sesuai dengan yang dibutuhkan (yang ditulis oleh pemilik cek/bilyet giro).
  3. Lebih aman karena risiko hilang uang lebih kecil dan bila hilang bisa segera dilaporkan ke bank yang mengeluarkan cek/bilyet giro dengan cara pemblokiran.
Pembayaran uang giral dapat dilakukan dengan:
  1. Cek
  2. Bilyet giro
  3. Telegrafic Transfer
  4. Kartu kredit
  5. Trazellerc Check

Uang Quasi

Uang quasi adalah adalah uang yang beredar di masyarakat berupa uang-uang yang di tabung baik di rumah (hooding) maupun di lembaga-lembaga karena bank dan nonbank kecuali tabungan giro. Uang quasi bentuknya dapat berupa uang kartal atau uang giral.
Sumber Pustaka: Yudhistira