Karbohidrat Sebagai Penghasil Energi

Karbohidrat Sebagai Penghasil Energi


Karbohidrat merupakan senyawa karbon, karena banyak mengandung unsur karbon atau C, di samping unsur-unsur hidrogen (H), dan oksigen (0). Contoh sumber karbohidrat adalah zat tepung atau gula. Zat tepung dapat diperoleh dan nasi, roti, ketela pohon, sagu, ketela rambat, kentang, dan ubi, sedangkan gula banyak terdapat sebagai glukosa dan fruktosa dalam sayuran dan buah-buahan, sukrosa dalam gula putih, dan laictosa dalam susu.



Karbohidrat berfungsi sebagai sumber energi. Satu gram karbohidrat menghasilkan 4,0-4,1 kilokalori. Satu kilokalori = 4,2 kilojoule, sehingga 1 gram karbohidrat menghasilkan sekitar 16,8 sampai 17,2 kilojoule. Energi digunakan untuk bergerak, tumbuh, mempertahankan suhu tubuh, dan berkembang biak.

Energi yang diperlukan oleh setiap orang berbeda-beda tergantung pada usia, jenis kelamin, kegiatan yang dilakukan, dan berat badan. Orang yang bekerja keras dan banyak bergerak memerlukan banyak karbohidrat. Kelebihan karbohidrat akan disimpan dalam bentuk lemak di. Daerah perut, di sekeliling ginjal, jantung, atau di bawah kulit yang menyebabkan tubuh menjadi gemuk.
Sumber Pustaka: Erlangga