Kebiasaan Buruk Yang Dapat Mengganggu Kesehatan Pribadi Dan Masyarakat

Kebiasaan Buruk Yang Dapat Mengganggu Kesehatan Pribadi Dan Masyarakat


Ada kebiasaan buruk yang dapat mengganggu kesehatan pribadi dan masyarakat. Misalnya meludah, membuang sampah. buang air besar atau kecil di sembarang tempat, merokok di tempat umum, minum-minuman keras, serta menggunakan narkotika dan obat-obatan terlarang. Kebiasaan buruk tersebut periu dihilangkan. Akan tetapi, kebiasaan itu terkadang telah mendarah daging” sehingga untuk menghilangkannya memerlukan waktu yang lama.

Meludah

Meludah di sembarang tempat dapat menyebarkan bibit penyakit ke Iingkungan. Di dalam ludah orang yang saki terdapat berbagai jens kuman penyebab penyakit. Karena itu, hendakna bila meludah di tempat yang khusus. Jangan meludah di sembarang tempat.



Bersin, meksit dan batuk sembarangan

Pada saat rsin atau batuk, bibit-bibit penyakit dan paru-paru, hidung. dan mulut berhamburan keluar bersama-sama ingus dan percikan-percikan ludah. Hal mi berarti menyebarkan bibit-bibit penyakit. Oleh karena itu, pada waktu melesit. bersin. alau baruk, gunakanlah sapu tangan untuk menutup mulut dan hidung. Setelah itu cucilah sapu tangan tersebut dengan sabun sampai bersih benar.

Mengudap atau jajan sembarangan

Jika kalian sering membeli makanan di pinggir jalan, sebaiknya keh.isan tersebut dikurangi. Oleh karena makanan selalu terbuka sehingga kemungkinan makanan dihinggapi lalat dan debu sangat besar. Dengan demikian, usahakanlah selalu makan sang cukup di rumah, apabila terpaksa jajan, perhatikanlah terlebih dahulu tempat menjual makanan tersebut bersih atau tidak.

Membuang Sampah Sembarangan

Hendaknya dibiasakan membuang sampah di tempat sampah. Jika makan permen. masukkan bungkus permen tersebut ke saku terlebih dahulu, sebelum menemukan tempat sampah. Menjaga kebersihan merupakan tugas kita semua sehingga tidak hanya tergantung pada petugas kebersihan.

Membuang Air Besar atau Kecil di Sembarang Tempat

Buang air besar atau kecil di sembarang tempat seperti di sungai, di tepi jalan, di tembok bangunan, merupakan perbuatan yang tidak terpuji. Buang air besar/kecil di sembarang tempat dapat menyebarkan bibit penyakit, telur cacing, bau busuk, dan pemandangan yang tidak sedap. Hewan air akan mati karena keracunan, bila air sungai atau got penuh dengan kotoran.

Merokok

Di dalam rokok terkandung nikotin yang bersifat racun. Selain itu rokok juga mengandung gas C02, CO, dan NO2 yang dapat merusak sel-sel organ pernapasan. Penyakit yang diakibatkan oleh kebiasaan merokok antara lain kanker paruparu, bronkitis, dan penyakit jantung. Merokok di tempat umum seperti di kendaraan umum, di dalam gedung, dan ruangan ber-AC sangat mengganggu orang lain. Merokok di tempat umum berarti meracuni orang lain dan mengurangi hak orang lain untuk bebas dan asap rokok. Para perokok pasif justru akan terkena dampaknya. Perokok pasif adalah orang yang menghirup asap rokok, tetapi dia tidak merokok. Misalnya, anak-anak yang menghirup asap rokok dan orang yang merokok di kendaraan umum.

Minum-minuman Keras

Minuman keras dapat memabukkan sebab mengandung alkohol dengan konsentrasi tinggi. Pengaruh negatif minuman beralkohol pada tubuh adalah sebagai berikut.
  1. mengurangi nafsu makan sehingga badan menjadi kurus
  2. mengganggu sistem kerja saraf sehingga menurunkan kesadaran
  3. menyebahkan kanker hati (disebut serosis hepatitis)
  4. merusak organ lambung dan saluran pencernaan lain.

Penyalahgunaan narkotika

Banyak macam narkotika, di antaranya adalah candu (Papaver somniferum). ganja (Cannabis sativa) dan heroin. Secara medis. narkotika ada yang digunakan sebagai obat penghilang nsa sakit atau sebagai obat bius pada waktu operasi. Namun. ada pula orang yang menggunakan narkotika untuk mengusir rasa sedih, gelisah, dan resah. Orang yang demikian menggunakan narkotika bukan pada tempatnya dan dikenal sebagai penyalahgunaan narkotika.

Pada saat menggunakan narkotika, seseorang dapat melupakan rasa gelisah dan mungkin merasa tenang. Namun jika pengaruh narkotika telah hilang, rasa gelisah tetap ada. Orang yang sudah ketagihan dapat berbuat apa saja untuk memenuhi kebutuhan narkotiknya tersebut. Sering kali mereka melanggar nilai dan norma, bahkan melakukan tindakan kriminal. Jika tidak terpenuhi, orang tersebut akan merasa
sangat menderita. Orang yang telah ketagihan narkotika sulit disembuhkan. Beberapa resiko pengguna narkoba (narkotik dan obat-obatan terlarang) adalah sebagai berikut:
  1. jika overdosis. dapat merusak jantung dan menyebabkan kematian
  2. kerusakan mental
  3. perubahan tingkah laku misalnya: menjauhi teman dan tidak suka bekerja
  4. dapat menimbulkan kecelakaan, karena penderita sering bingung. misalnya: terjun ke sungai, terjun dari.jendela, atau tertabrak kendaraan.
Sumber Pustaka: Erlangga