Klasifikasi Chelicerata Arthropoda Dan Manfaatnya

Klasifikasi Chelicerata Arthropoda Dan Manfaatnya


Secara urnum arthropoda terbagi menjadi 3 subfilum yaitu subfilum chelicerata, subfilum crustacea, dan subfilum unirainia Tiap subfilum terbagi lagi menjadi beberapa kelas. Supaya lebih jelas, perhatikan uraian Kupu-kupu Pup berikut ini mengenai masing-masing subfilum.

Chelicerata

Hewan-hewan yang termasuk subfilum ini, antara lain kalajengking, laba-laba, reinis tapal kuda (horseshoe crabs), dan laba-laba laut. Anggota chelicerata, umumnya meiniliki 6 pasang appendage (kaki dan tangan) yang tidak bercabang. Keenam pasangan ini meliputi sepasang capit, sepasang pedipalpus, dan empat pasang kaki untuk bergerak. Chelicerata tidak meiniliki mandibula dan antena. Pernapasan dilakukan dengan menggunakan insang buku, paru-paru buku, atau trakea.

  • Kelas Merostomata
Merostomata meliputi dua kelompok organisme laut yang agak berbeda, yaitu Eurypterids dan horseshoe crabs (reinis kapal kuda). Eurypterids hidup antara 200 sampai 500 tahun yang lalu dan saat ini telah musnah. Sebagian besar anggotanya berukuran sangat besar, bahkan ada yang mencapai panjang 3 meter. Apabila dilihat dan bentuk tubuhnya dapat diduga bahwa hewan ini pemakan berbagai jenis makanan, tetapi yang utama memakan invertebrata kecil. Ada anggotanya yang termasuk amfibi karena berkembang di daratan selama sebagian besar dan sikius hidupnya. Reinis tapal kuda (horseshoe crabs) termasuk kelompok hewan kuno dan saat ini hanya 5 spesies yang ada. Oleh karena itu, para ahli fisiologi sering menggunakan hewan ini sebagai hewan percobaan. 

Hewan anggota kelas ini meiniliki pelmndung yang besar dan menutupi toraks serta kepalanya. Mata majemuknya telah berkurang. Pasangan kedua dan appendage berfungsi sebagai kaki atau tangannya, dan pedipalpus berbentuk menyerupai kaki untuk berjalan. Selain itu, hewan ini juga meiniliki appendage seperti dun panjang dan disebut telson yang keluar dan bagian belakang tubuhnya. Pernapasan terjadi melalui insang buku. Contoh anggota kelas ini ialah Limulus polyp hemus.
  • Kelas Arachnida
Arachnida merupakan anggota terbesar dan filum arthropoda, meliputi 60.000 spesies yang telah diketahui. Anggota arachnida meliputi laba-laba (terbesar), tungau, caplak, dan kalajengking. Hampir semua spesies terdapat di darat. Arachnida meiniliki sepasang tagmata yang disebut prosoma dan opisthosoma. Prosoma tertutup sebagian atau seluruhnya oleh pelindung inirip tulang tebal. Ophistosoma ada yang bersegmen, tetapi ada juga yang tidak bersegmen.

Pada ophisthosoma tidak terdapat appendages atau bila ada mungkin telah berubah bentuk, menjadi alat peinintal pada laba-laba atau pectines pada kalajengking yang berfungsi sebagai sensor. Pernapasan arachnida dilakukan melalui trakea atau pm-paru buku. Hal itu berkaitan dengan kulit pada banyak arachnida yang tipis. Contoh anggota kelas ini ialah kalajengking, laba-laba, tungau, dan caplak.
Sumber Pustaka: Ganeca Exact