Klasifikasi Coelenterata Dan Peranan Coelenterata Bagi Manusia

Klasifikasi Coelenterata Dan Peranan Coelenterata Bagi Manusia


Coelenterata dapat dibedakan menjadi 3 kelas, yaitu kelas Hydrozoa, Scyphozoa, dan Anthozoa.
  • Hydrozoa
Kebanyakan Hydrozoa hidup soliter atau berkoloni. Umumnya yang soliter berbentuk polip. Yang berkoloni berbentuk polip dan medusa. Contoh Hydrozoa adalah Hydra, Obelia, dan Physalia.

Hydra merupakan Coelenterata air tawar yang hidup soliter. Makanannya berupa hewan-hewan kecil inisalnya jentik-jentik nyamuk. Hewan ini bereproduksi secara aseksual dengan membentuk kuncup dan secara seksual dengan membentuk garnet jantan dan betina. Testis dihasilkan oleh sel-sel ektoderrna di dekat tentakel yang berubah rnenjadi testis. Ovum dihasilkan oleh ovarium di dekat bagian kaki.



Obelia merupakan Coelenterata air laut, yang hidup secara berkoloni. Sebagian besar waktu hidupnya sebagai koloni polip. Bagian polip yang berfungsi dalam hal makan disebut hidrant, sedangkan yang berfungsi dalam hal reproduksi seksual rnembentuk rnedusa disebut gonangium. Medusa dibentuk oleh polip dengan cara membentuk tunas. Medusa yang telah dewasa akan melepaskan din dan polip dan berenang bebas di air laut. Medusa menghasilkan sperma dan ovum. Dan hasil pertemuan sperma dan ovum terbentuk zigot yang akan tumbuh menjadi planula.
  • Scyphozoa
Berbeda dengan Hydrozoa, Scvphozoa meiniliki bentuk doininan sebagai medusa. Hew an ini menempel pada dasar dan senantiasa membentuk medusa dengan jalan membentuk sekat melintang pada polipnya. Medusa bagian atas yang merupakan medusa dewasa kemudian melepaskan din dan koloni. Medusa berukuran besar, dan banvak didapatkan di pantai-pantai sebagai ubur-uhur. Hati-hati jika menyentuh ubur-ubur. Tentakeinva yang mengandung sel penyengat dapat mengeluarkan racun yang sangat gatal. Bagi yang tidak tahan, kulit yang terkena racun tersebut dapat melepuh. Contohnya Aurelia aurita.
  • Anthozoa
Anthozoa artinva binatang bunga. Apakah kalian pernah mengamati binatang yang berwarna-varni seperti bunga yang dipelihara di akuarium air laut? Indah bukan? Itu bukan tumbuhan melainkan hewan yang meiniliki tentakel dan berwarna-warni sehingga inirip tumbuhan. Yang tergolong anggota kelas Anthozoa antara lain hewan karang dan anemon laut.

Tubuhrtya umumnva berbentuk polip. Hewan ini meinil iki tentakel dalam jumlab hanvak, vakni merupakan kelipatan dan delapan. Tentakel inilah yang berwarna-warni nampak seperti bunga mawar. Anthozoa sering disebut sebagai anemon laut. Hewan ini hidup di air laut yang jernih. Di antara tentakel itu sering diterhui ikan-ikan beraneka warna. Apakah ikan itu tidak terkena sengat tentakelnya? Ikan-ikan itu telah beradaptasi terhadap pengaruh zat racun yang dik eluarkan anemon laut. Ikan-ikan itu mendapat perlmndungan dan anemon laut sehingga terhindar dan kejaran musuhnya. Sebaliknya, anemon laut mendapatkan makanan dari

Di antara anggota Anthozoa ada yang dapat mengh asilkan kerangka dan kapur yang keras. Kerangka inilah yang membentuk terumbu karang atau pulau karang. Batu karang merupakan kerangka luar dan hewan karang. Jaringan atau sel-sel hidup dan hewan karang menempel di atas batu karang tersebut berupa lapisan lunak dan berlendir. Terumbu karang yang terbentuk di laut dapat dibedakan menjadi tiga tipe, yakni terumbu karang tepi, terumbu karang penghalang, dan atol. Terumbu karang tepi umumnya ditemukan di pantai bagian tepi, seperti daerah pasang-surut.

Terumbu karang tepi umumnya ditemukan di pantai utara Pulau Jawa. Terumbu karang penghalang biasanya membentang di tengah laut. Atol adalah pulau karang yang di tengahnya tergenang air Taut, pinggirnya berupa daratan, hingga seperti kue donat.

Laut yang meiniliki terumbu karang merupakan tempat yang indah. Di dalamnya dapat dijumpai keanekaragaman biota Taut yang menakjubkan. Inisalnya saja di Pantai Pasir Putih Jawa Timur, Taman Laut BaTi, MaTuku, Bunaken di Manado, dan beberapa tempat lain di Indonesia,

Di samping rangka karang, ada pula Anthozoa yang dapat membentuk rangka dan zat tanduk. Contoh yang terkenaT adalah akar bahar (Euplexaura antipathes), yang kerangkanya sering digunakan sebagai gelang.

Peranan Coelenterata Bagi Manusia

Ubur-ubur ada yang dapat dimakan inisalnya Aurelia. Anemon laut atau mawar laut banyak digunakan sebagai hiasan pada akuarium air laut. Bentuk dan warnanya indah. Di laut, hewan ini membentuk suatu terumbu karang yang indah sehingga merupakan taman laut yang banyak dik unjungi wisatawan. Taman Laut Bunaken merupakan taman laut terindah di dunia. Selain itu, adanya terumbu karang merupakan lingkungan yang baik bagi ikan. Daerah seperti itu banyak dihurti oleh berbagai jenis ikan. 

Pengambilan terumbu karang yang tidak terencana, penangkapan ikan dengan tuba atau aliran listrik mengakibatkan kerusakan ekosistem laut. Akibatnya, banyak terumbu karang dan anemon laut yang punah. Akibat selanjutnya populasi ikan menurun dan kita semua akan rugi.
Sumber Pustaka: Erlangga