Macam - Macam Pasar Menurut Jenis Barang Dan Luas Jaringan Distribusi

Macam - Macam Pasar Menurut Jenis Barang Dan Luas Jaringan Distribusi

Berikut ini macam-macam pasar yang berdasarkan jenis barang dan luas jaringan distribusinya.
  • Pasar barang konsumsi
Tempat untuk mernperjualbelikan barang-barang konsumsi. misalnya, barang kebutuhan sehari-hari seperti perlengka pan mandi-cuci, sayur-mayur, buah-buahan, dan bumbu masak.


  • Pasar ha rang produksi
Tempat untuk rnem perdagangkan faktor-faktor produksi. Barang produksi yang diperdagangkan antara lain mesin-mesin produksi, alat pertanian, dan alat transportasi.

Empat Macam Pasar Menurut Luas Jaringan Distribusi

  • Pasar Setempat
Pasar ini hanya digunakan oleh anggota masyarakat yang meliputi suatu daerah kecil tertentu. Barang-barang yang diperjualbelikan biasanya hanya barang-barang untuk kebutuhan sehari-hari dan barang-barang yang mudah rusak atau busuk. Misalnya, sayur-mayur, buah-buahan, beras, dan ikan.
  • Pasar Daerah
Pasar ini rneliputi daerah tertentu, inisalnya pasar di kota-kota kabupaten. Selain konsurnen, di pasar ni banyak pedagang menengah yang melayani pedagang pengecer atau pedagang kecil. Inisalnya pasar Beringharjo di Yogyakarta, Pasar Klewer Solo, Pasar Johar Sernarang.
  • Pasar Nasional
Pasar ini meliputi wilayah suatu negara tertentu. Konsurnen barang-barang yang diperdagangkan dalarn pasar nasional meliputi seluruh wilayah negara. misalnya, pasar uang dan pasar modal.
  • Pasar Internasional
Pasar ini memperdagangkan barang-barang yang penjual dan pembelinya meliputi seluruh dunia. Inisalnya, pasar tembakau di Bremen (Jerman), pasar kopi di Santos (Brazil), pasar karet di New York (Amerika Serikat), dan pasar intan di Amsterdam (Belanda).
Sumber Pustaka: Erlangga