Macam-Macam Pasar Menurut Sifat Dalam Distribusi Dan Pasar

Macam-Macam Pasar Menurut Sifat

Berikut ini adalah macam-macam pasar yang berdasarkan sifatnya.

Pasar Nyata

Pasar nyata (konkret) merupakan tempat bertemunya penjual dan pembeli untuk melakukan transaksi jual-beli. Tempat bertemunya penjual dan pembeli tersebut bisa di dalam gedung atau bangunan maupun di tempat terbuka. Pada saat penjual dan pembeli melakukan tawar-menawar, barang yang diperjual belikan berada di situ. Jadi, dalam pasar nyata terdapat penjual, pembeli, dan barang yang diperjualbelikan dalam suatu tempat. Dalam bahasa sehari-hari, sebutan “pasar” oleh masyarakat umum adalah pasar nyata seperti ini.



Pasar Tidak Nyata

Untuk melakukan transaksi jual beli, penjual dan pembeli bisa saja tidak certemu secara fisik, melainkan hanya berkomunikasi melalui surat, teepon, dan dapat juga melalui telegram/facsiinile/internet. Inisalnya, Bu Yati yang berada di Yogyakarta ingin membeli mobil milik Pak Suranto yang berada di Jakarta. Prosesjual beli dilakukan melalui surat dan telepon dalam rangka mencapai kesepakatan harga terhadap mobil yang diperjualbelikan. Hubunganjarakjauh yang mereka lakukan dalam rangka mencapai kesepakatan harga dan jenis barang yang diperjualbelikan tersebut merupakan contoh pasar tidak nyata (abstrak).

Perhatikan juga contoh berikut ni! Bu Wahyu dan Bu Yuni bertemu dalam sebuah arisan di kantor. Bu Wahyu menawarkan dagangan berupa perabot rumah tangga kepada Bu Yuni. Bu Wahyu tidak membawa barang, melainkan brosur yang memuat foto perabot rumah tangga beserta harga. Proses tawar menawar dalam rangka mencapai kesepakatan harga dan barang yang akan diperjualbelikan tersebutjuga merupakan pasar abstrak.
Sumber Pustaka: Erlangga