Macam-Macam Penyerbukan Pada Tumbuhan Biji

Macam-Macam Penyerbukan Pada Tumbuhan Biji


Berdasarkan asal serbuk sari, penyerbukan dapat dibedakan menjadi penyerbukan sendiri, penyerbukan tetangga, dan penyerbukan silang.



  1. Penyerbukan sendiri adalah menempelnya serbuk sari dan bunga pada kepala putik bunga itu sendiri. Penyerbukan sendiri tidak menghasilkan keturunan yang bervariasi. Contohnya bunga telang dan bunga turi.
  2. Penyerbukan tetangga adalah menempelnya serbuk sari dari suatu bunga pada kepala putik dani bunga lain yang berada pada sam tumbuhan.
  3. Penyerbukan silang adalah menempelnya serbuk sari dari suatu bunga pada kepala putik bunga lain yang berada pada tumbuhan lain yang sejenis. Penyerbukan silang sering disebut persilangan. Persilangan dapat menimbulkan variasi keturunan karena ten adi perpaduan sifat dan dua tumbuhan induknya. Misalnya persilangan antara bunga merah dengan bunga putih dapat menghasilkan bunga rnerah, rnerah muda, dan putih.
  • Penyerbukan adalah peristiwa menempelnya ser6uk sari ke kepala putik. Penyerbukan dapat dilakukan oleh angin, hewan, air, dan manusia.
  • Berdasarkan asal serbuk sari, penyerbukan dapat dibedakan menjadi penyerbukan sendiri, penyerbukan tetangga, dan penyerbukan silang.
Sumber Pustaka: Erlangga