Macam-Macam Permintaan Dalam Hukum Permintaan

Macam-Macam Permintaan Dalam Hukum Permintaan

Berikut ini macam permintaan dalam hukum permintaan yang perlu kita ketahui.

Permintaan menurut Daya Beli

  1. Permintaan efektif: permintaan yang didukung dengan daya beli. Artinya, konsumen memang memiliki uang untuk membeli berbagal jumlah barang dan jasa pada berbagai tingkat harga yang berlaku.
  2. Permintaan potensial: permintaan yang tidak didukung dengan daya beli. Artinya, masyarakat memang membutuhkan barang dan jasa tertentu, tetapi tidak sanggup membelinya karena tidak memiliki cukup uang.



Permintaan menurut Jumlah Subjek Pendukung

  1. Permintaan individual: permintaan yang dilakukan oleh seorang pembeli. Misalnya, permintaan melon yang dilakukan oleh Bu Rini dalam contoh terdahulu. Hubungan antara berbagai tingkat harga dan berbagaijumlah melon yang Bu Rini bell dapat disajikan dalam bentuk grafik. Grafik tersebut merupakan kurva permintaan individual. Kurva permintaan tersebut hanya berlaku untuk Bu Rini.
  2. Permintaan pasar: permintaan yang dilakukan oleh konsumen secara keseuruhan di dalam pasar. Misalnya, dalam suatu pasar computer terdapat seratus orang pembeli. Pada berbagai tingkat harga dapatlah diketahui jumlah komputer yang diminta oleh seratus orang pembeli tersebut. Hubungan antara berbagai tingkat harga dan berbagai jumlah komputer yang diminta (dibeli) oleh seratus orang pembeli tersebut dapat disajikan dalam bentuk grafik. Grafik tersebut merupakan kurva Dermintaan pasar.
Sumber Pustaka: Erlangga