Menempel Dan Menyambung Sebagai Perkembangbiakan Vegetatif Tumbuhan

Menempel Dan Menyambung Sebagai Perkembangbiakan Vegetatif Tumbuhan


Menempel dan menyambung sering dilakukan untuk memperoleh tanaman dengan sifat yang diinginkan. Kedua cara tersebut tidak memperbanyak jumlah tanaman, tetapi untuk menggabungkan dua sifat tanaman yang berbeda pada satu tanaman.

Menempel

Menempel atau okulasi adalah menambahkan bagian mata atau calon tunas suatu tumbuhan ke tumbuhan lain agar tumbuh menjadi tunas yang bani. Menempel atau okulasi harus dilakukan pada dua tanaman yang berjenis sama atau berkerabat dekat yaitu dalam satu marga. Tanaman bagian bawah yang dipertahankan akarnya disebut onderstam.



Biasanya onderstam adalah tanaman yang memiliki perakaran kuat. Tanaman ini ditempeli dengan mata tanaman yang memiliki sifat-sifat unggul. Misalnya pohon jeruk yang memiliki akar kuat tetapi buahnya kurang manis, ditempeli dengan mata tunas pohon jeruk yang menghasilkan buah yang manis. Dan mata tadi muncul tunas tanaman jeruk, yang akan menghasilkan buah yang manis.

Cara membuat okulasi adalah sebagai berikut. Kulit batang onderstam atau batang pokok disayat sehingga terbentuk persegi panjang, dengan ukuran kurang lebih 1 cm x 2 cm. Kemudian disiapkan mata tunas yang akan ditempel berbentuk persegi panjang tetapi dengan ukuran sedikit lebih kecil daripada sayatan pada batang pokok. Mata tunas tersebut kemudian ditempel pada bagian batang pokok yang sudah disayat. Mata tunas diikat dengan tali. Celah antara mata tunas dan batang pokok ditutup dengan parafin agar terhindar dan serangan hama dan penyakit.

Menyambung

Tujuan menyambung sama dengan menempel yaitu untuk menggabungkan dua sifat tanaman dan tidak untuk perbanyakan tanaman. Contohnya adalah pada ketela pohon mukibat. Mukibat adalah nama orang yang berhasil menyambungkan dua jenis ketela pohon. Tanaman yang digunakan sebagai onderstam adalah ketela pohon biasa yang menghasilkan banyak umbi akar. Tanaman yang digunakan sebagai batang atas adalah ketela pohon karet. Ketela pohon karet mempunyai banyak daun sehingga memiliki laju fotosintesis yang tinggi. Jadi, batang bagian atas digunakan untuk memproduksi bahan makanan. Kemudian bahan makanan yang terbentuk disimpan di akar batang onderstam.

Selain ketela pohon, beberapa jenis tanaman yang memiliki hubungan kekerabatan yang dekat juga dapat disambungkan. Misalnya, sambungan antara pokak dengan terung, jambu biji dengan jambu sukun.

Perkembangbiakan vegetatif buatan dapat dilakukan dengan mencangkok setek, merunduk, dan kuitur Jaringan Menempu dan menyambung merupakan usaha menggabungkan sifat-sifat balk da kedua induknya.
Sumber Pustaka: Erlangga