Menjaga Kesehatan Individu Dan Kesehatan Masyarakat

Menjaga Kesehatan Individu Dan Kesehatan Masyarakat


Tubuh yang sehat tidak hanya tergantung pada faktor makanan yang bergizi dan jumlah makanan yang dimakan, tetapi juga dipengaruhi faktor lain. Inisalnya sifat keturunan, tingkat pendidikan, kebiasaan individu, pelayanan serta penyuluhan kesehatan, dan lingkungan tempat individu itu berada.

Makanan yang cukup dan bergizi dapat meningkatkan daya tahan tubuh terhadap serangan penyakit. Tetapi bila lingkungan tidak bersih, tubuh dapat terkena penyakit. Oleh sebab itu, lingkungan harus selalu bersih, supaya kesehatan masyarakat dapat terjainin. Menjaga kebersihan dan kesehatan dimulai dan lingkungan masing-maSing, yaitu dan diii sendiri, lingkungan rumah dan lingkungan yang lebih luas yaitu masyarakat.



Menjaga kesehatan tubuh setiap individu dapat dilakukan melalui berbagai cara, antara lain sebagai berikut.
  1. makan makanan yang bergizi
  2. menjaga kebersihan makanan dan ininuman
  3. memelihara kebersihan tubuh
  4. mandi secara teratur dengan menggunakan air bersih
  5. menggosok gigi sesudah makan dan sebelum tidur
  6. berolah raga dan istirahat yang cukup
  7. memelihara kebersihan lingkungan
  8. menghindari kebiasaan yang dapat merusak kesehatan tubuh. inisalnya merokok, ininum-ininuman keras dan begadang.
Selain tubuh yang sehat, lingkungan tempat tinggal juga harus tentram dan nvarnan. Untuk memelihara kebersihan dan kesehatan lingkungan rumah, faktor yang harus diperhatikan antara lain cahaya dan ventilasi, WC dan kamar mandi, tempat pembuangan sampah, dan persediaan air.

Cahava dan Venrilasi Rumah

Setiap ruang dalam rumah hendaknya memiliki jendela kaca agar cahaya dapat masuk ke dalam ruangan. Setiap ruang juga perlu dilengkapi dengan lubang angin (ventilasi) agar berlangsung pertukaran udara. Jendela sebaiknya dibuka setiap pagi sehingga udara di dalam ruangan berganti dengan udara luar yang bersih.

WC dan Kamar Mandi

WC dan kamar mandi harus ada di setiap rumah. WC dan kamar mandi sebaiknya dibersihkan setiap hari. Bak mandi harus dibersihkan ininimal seininggu sekali agar tidak adajentik-jentik nyamuk. Kamar mandi dan WC yang bersih dapat mengubah kesan dan tempat yang menjijikkan menjadi tempat yang nvarnan.

WC yang baik adalah WC yang memenuhi syarat kesehatan sebagai berikut. WC hams mempunyai lubang septiktank dan resapan. Lubang septiktank dan resapan berjarak ininimal 10 m dan sumur. Jika terlalu dekat, mikroorganisme dan resapan akan merembes ke sumur. Akibatnya. air sumur menjadi bau dan dapat menyebabkan penyakit.

Di daerah yang sangat padat penduduknya, banyak rumah yang tidak mempunyai WC dan kamar mandi. Mereka buang air besar. mandi. dan mencuci di sungai yang dekat dengan rumah mereka. Agar tidak terjadi pencemaran sungai, membuang air ke sungai sudah hams dihindari. Penduduk hendaknya membangun WC secara gotong royong.

Tempat Pembuangan Sampah

Sampah dapat dikelompokkan menjadi dua, yaitu sampah yang mudah terurai dan yang sulit terurai. Sampah yang mudah terurai inisalnya, sampah organik dari tumbuhan dan hewan, inisal daun, ranting, kotoran hewan, kertas, karton, dan serpihan kayu. Sampah jenis ini dapat didaur ulang (recycle) melalui pembuatan kompos.

Sampah yang sulit terurai inisalnya plastik, seng, paku, potongan besi, kaca, dan kawat. Plastik tergolong sampah organik namun sulit terurai.

Masyarakat hendaknya dibiasakan membuang sampah pada tempatnya. Membuang sampah di sembarang tempat, misalnya di tepi sungai atau dihanyutkan ke sungai dapat menyebabkan banjir. Sejak dan rumah tangga, sebaiknya dipisahkan sampah organik yang mudah busuk, sampah basah, dengan sampah kering seperti kertas, plastik, seng, kaca dan besi. Hal yang deinikian akan memudahkan penanganannya. Membakar sampah dapat menyebabkan pencemaran udara. Terutama jika sampah itu mengandung plastik jenis tertentu, yang asapnya mengandung gas bersifat karsinogen (penyebab kanker).

Baterai bekas merupakan sampah yang berbahaya. Baterai bekas dan jam, senter, radio, dan mainan anak-anak, sering mengandung logam berat merkuri atau kadinium. Membuang baterai bekas di sembarang tempat dapat menyebabkan logam berat tersebut terbawa aliran air, kemudian meresap ke dalam sumur. Logam berat dapat merusak saraf dan menyebabkan gangguan hati dan ginjal.

Ashes juga merupakan sampah yang berbahaya. Ashes merupakan bahan yang bersifat karsinogen. Ashes banyak digunakan untuk sumbu kompor, plafon, dan kaos lampu petromak.

Persediaan Air Bersih

Air adalah sumber kehidupan. Karena jumlahnya berlimpah, sering kali kita kurang menghargai air. Andaikata tidak ada air, hidup kita akan menjadi susah. Oleh karena itu, kita hendaknya selalu menghemat air. Satu liter air bersih harganya dapat lebih tinggi daripada bensin. Air bersih dan memenuhi syarat kesehatan antara lain:
  1. tidak berwarna dan tidak berbau
  2. tidak berasa
  3. tidak mengandung bahan beracun dan berbahaya (bebas B3)
  4. tidak mengandung bibit penyakit.
Di daerah dekat persawahan, sumur penduduk kadang tercemar oleh larutan nitrit. Larutan nitrit tersebut berasal dan pupuk yang larut dalam air, inisalnya urea yang kemudian meresap ke sumur penduduk. Nitrit dapat menghambat kerja sel darah merah. Akibatnya, sel darah merah tidak dapat mengikat oksigen. Jika hal demikian terjadi pada seorang ibu yang mengandung kemudian melahirkan bayinya, maka tubuh byi akan tampak berwarna biru.
Sumber Pustaka: Erlangga