Menjaga Kesehatan Tubuh Melalui Pemilihan Makanan

Menjaga Kesehatan Tubuh Melalui Pemilihan Makanan


Seringkali orang telah memahami tentang makanan yang sehat dan seimbang, tetapi sulit untuk menerapkannya. Berikut ini disajikan saran yang dapat digunakan untuk menjaga kesehatan tubuh melalui pemilihan makanan.


  1. Makanlah salah satu macam makanan dan setiap kel ompok tujuh bahan pokok makanan setiap han. Artin ya, makanan kalian hendaknya cukup beranekaragam. Dengan demikian, kalian memperoleh makanan yang sehat dan seimbang.
  2. Usahakan makan secara teratur sebanyak 3 ka1isehani, yaitu pagi, siang, dan malam. Makan pagi penting untuk menyediakan energi sepanjang siang ketika kalian belajar di sekolah. Apabila ada kegiatan tambahan kalian dapat menambah makanan ringan di antara waktu makan, misalnya buah-buahan, kue, atau susu.
  3. Makanan manis dapat mengurangi selera makan karena tubuh telah mendapatkan cukup energi dan makanan manis tersebut. Meskipun demikian, zat-zat lain belum I terpenuhi. Karena itu sebaiknya dihindari makan makanan manis sebelum makan. Kurang tidur dan makan makanan atau minuman yang beralkohol dapat mengurangi selera makan.
  4. Sebaiknya tidak minum sebelum makan karena dapat menurunkan selera makan.
  5. Janganlah hanya mengikuti selera makan, senang terhadap sesuatu makanan atau pantang makanan karena kalian tak suka makanan tertentu. Memilih makanan hendaknya didasari oleh kebutuhan tubuh terhadap gizi yang cukup dan seimbang sesuai dengan kecukupan gizi yang dianjurkan (KGYD).
  6. Makanlah dalam keadaan tenang, cukup waktu, dan dalam suasana gembira.
  7. Sebaiknya berolah raga dan tidur atau istirahatlah yangcukup.
  8. Perbanyaklah kegiatan positif agar fisik dan mental jugatumbuh dengan baik.
  9. Jagalah kesehatan lingkungan.
  10. Terlalu banyak makan juga mengganggu kesehatan. Kelebihan makanan akan dibuang oleh tubuh melalui ginjal. Jika ginjal terlalu bekerja keras, maka fungsi ginjal dapat terganggu.
Sumber Pustaka: Erlangga