Partisipasi Dalam Usaha Pembelaan Negara Di Lingkungannya

Partisipasi Dalam Usaha Pembelaan Negara Di Lingkungannya


Di depan sudah dijelaskan, bahwa pada hakikatnya qpaya pembelaan negara bukan hanya berkaitan dengan mempertahankan negara saja, melainkan upaya memajukan bangsa dan negara. Oleh sebab itu, maka segala bentuk partisipasi yang memberi dampak positif bagi keutuhan, kemajuan, kejayaan dan kelangsungan hidup bangsa dan negara, merupakan wujud bela negara dan warganya.

Sebagai Anggota Keluarga

Upaya dan setiap anggota keluarga untuk saling berbagi, saling mendukung, saling menolong dan saling mengasihi satu terhadap yang lain, merupakan sikap yang dapat menciptakan kerukunan dan keharmonisan dalam keluarga, sehingga akan mewujudkan kebahagiaan lahir dan batin bagi keluarga tersebut. Kondisi keluarga yang rukun dan bahagia ini merupakan wujud partisipasi mereka dalam menciptakan ketenteraman dan kedamaian keluarga. Upaya menjaga ketentraman dan kedamaian keluarga ini sudah merupakan bentuk partisipasi dalam upaya pembelaan negara dilingkungannnya.



Sebagai Pelajar

Partisipasi dalam upaya bela negara bagi pelajar dapat diwujudkan, antara lain dengan cara belajar dengan tekun dan penuh semangat tntulc memperdalam iman dan takwa dan ilmu pengetahuan-teknologi. Ketekunan belajar tersebut akan berhasil mewujudkan generasi yang cerdas, beriman, bermoral. berwawasan luas, dan terampil untuk membangun bangsa dan negara di masa datang.

Sebagai Anggota Masyarakat

Saling bantu. tolong-menolong, tenggang rasa, dan menjaga keharmonisan hubungan, kerukunan antaranggota masyarakat merupakan hal-hal yang dapat mewujudkan ketenteraman dan kedamalan dalam masyarakat. Kondisi yang tenteram dan damai dalam masyarakat menimbulkan perasaan aman bagi masyarakat.

Hal ini merupakan bentuk partisipasi warga masyarakat dalam upaya bela negara di lingkungannya: Apabila kondisi masyarakat tidak rukun dan tidak aman, maka stabilitas keamanan negara akan terganggu. Oleh karena itu, kesadaran masyarakat untuk menciptakan situasi yang tenteram dan aman, serta kesadaran untuk selalu menjaga keamanan lingkungannya merupakan bentuk bela negara dil ingkungan masyarakat.
Sumber Pustaka: Yudhistira