Pemberantasan Penyakit Dalam Kesehatan Lingkungan

Pemberantasan Penyakit


Tidak semua jenis penyakit dapat diberantas. Penyakit yang dapat diberantas adalah penyakit infeksi. Untuk memberantas penyakit tersebut, harus diketahui penyebab penyakit, cara penyakit itu menyerang, dan bahan atau alat, yang digunakan untuk memberantasnya.

Penyakit keturunan sulit diberantas namun dapat dicegah agar tidak berjangkit. Tetapi yang lebih baik adalah mencegah daripada mengobati. Di bawah ini akan diuraikan macam penyakit berdasarkan penyebabnya.



Penyakit Keturunan

Penyakit kelainan jantung, gula atau kencing manis (diabetes mellitus), dan asma, merupakan contoh penyakit keturunan. Penyakit keturunan sulit disembuhkan, namun dapat dicegah. Pencegahannya adalah dengan mengetahui silsilah calon pengantin serta nasehat dan para pakar. Me1a1ui genetika kita mengetahui bahwa salah satu cara pencegahan penyakit keturunan adalah dengan menghindari terjadinya perkawinan dengan orang yang meiniliki hubungan keluarga dekat.

Penyakit Infeksi

Penyakit infeksi disebabkan oleh kuman penyakit yang masuk ke dalam tubuh. Kuman penyakit dapat masuk melalui makanan, kulit, dan pernapasan. Membasini penyakit infeksi dapat dilakukan dengan memutus daur hidup penyakit dan melakukan imunisasi. Pemutusan daur hidup dan imunisasi merupakan upaya pencegahan penyakit. Jika seseorang telah terjangkit, maka orang tersebut hams berobat ke dokter.
Sumber Pustaka: Erlangga