Pemeliharaan Anak Dalam Perkembangbiakan Generatif

Pemeliharaan Anak Dalam Perkembangbiakan Generatif

Berikut ini adalah proses pemeliharanan anak dalam perkembangbiakan generatif

Ovipar, Vivipar, dan Ovovivipar

Cara hewan mengeluarkan anak ada yang secara bertelur dan ada yang melahirkan anak. Hewan yang bertelur disebut hewan ovipar, inisalnya ikan, amfibi, reptilia, dan burung. Sedangkan hewan yang melahirkan anak disebut hewan vivipar, inisalnya kelompok hewan mamalia.

Pada beberapa jenis reptilia dan ikan hiu, embrio di dalam telur telah berkembang menjadi individu baru sebelum telur keluar dan tubuhnya. Oleh karena itu, mereka tampak seperti melahirkan anak. Selama proses perkembangan embrio, anak mendapatkan makanan dan persediaan cadangan makanan, bukan dan induk. Hewan deinikian dikenal sebagai hewan ovovivipar.

 

Pembuahan (fertilisasi) akan menghasilkan zigot. Kemudian zigot akan berkembang menjadi embrio dan akhirnya menjadi anak. Anak tersebut ada yang tetap dirawat oleh induknya dan ada juga yang tidak dirawat. Pada hewan yang merawat anaknya, bagaimana proses pemeliharaan anaknya tersebut?

Proses pemeliharaan anak pada hewan sangat bervariasi. Misalnya, ikan pada umumnya tidak memelihara telurnya. Akan tetapi ada beberapa ikan yang melindungi anak-anaknya, misalnya ikan mujair. Apabila ada bahaya, maka anaka naknya akan dimasukkan ke dalam mulut induknya. Jika keadaan telah aman maka anak tersebut akan dikeluarkan kembali.

Pada burung, induk burung akan merawat anaknya sampai dapat hidup sendiri. Keadaan ini bisa kalian lihat sendiri pada ayam yang mempunyai anak. Bagaimanakah tingkah laku induk ayam jika kalian dekati? Berapa lama induk ayam merawat anaknya? Pada hewan menyusui, proses pemeliharaan anaknya lebih seksama. Coba kalian ben contoh proses pemeliharaan anak dan hewan menyusui.
Sumber Pustaka: Erlangga