Pengertian Adaptasi Tingkah Laku Pada Hewan Dan Tumbuhan

Adaptasi Tingkah Laku


Adaptasi tingkah laku berhubungan dengan prilaku hewan untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan. Berikut ini akan diuraikan beberapa contoh adaptasi tingkah laku pada beberapa makhluk hidup.

Rayap

Di usus rayap terdapat. Flagellata penghasil enzim selulase yang dapat mencerna selul sa. Anak-anak rayap yang baru menetas menjilati dubur induknya untuk mendapatkan Flagellata tersebut. Rayap dewasa yang berganti kulit memakan kembali kulit yang terkelupas itu untuk mendapat Flagellata. Tingkah laku rayap tersebuI merupakan contoh adaptasi tingkah laku.



Predator

Hewan-hewan predator umumnya mampu bergerak cepat. mengapa demikian? Hewan-hewan karnivor harus bergerakepat karena mereka harus mengejar dan menangkap mangsanya. Jika tidak deinikian apa yang terjadi dengan hewan karnivor tersebut?

Kucing

Kucing biasanya mengincar mangsanya, misalnya tikus, cecak, kadal atau yang lain, dengan cara mendekam. Begitu angsa mendekat dan lengah, maka kucing tersebut akan meloncat dan menerkam mangsanya. Tingkah laku deinikian merupakan cara untuk menghemat energi. Peristiwa semacam ini merupakan contoh adaptasi perilaku pada kucing.

Paus

Paus bukanlah ikan, melainkan hewan menyusui yang idup di air. Hewan menyusui bernapas dengan paru-paru. Karena itu paus harus menyembul ke permukaan air untuk bernapas. Pada saat muncul ke permukaan air, paus mengeuarkan sisa pernapasan dan menghisap udara untuk dibawa ke paru-paru saat menyelam ke dalam air.

Contoh adaptasi tingkah laku lain yang dilakukan hewan adalah serangga berbunyi nyaring untuk memikat pasanganr nya. migrasi burung ke wilayah lain di belahan dunia karena pengaruh musim, dan ikan mujair memasukkan anak-anaknya ke dalam mulut untuk melindungi anaknya dan gangguan hewan lain.

Tumbuhan

Sebagian tumbuhan menunjukkan adaptasi tingkah laku dalam hidupnya. Inisalnya, daun sikejut (Inimosa pudica) segera menutup jika disentuh. Hal tersebut merupakan hasil adaptasi untuk melindungi diri dan serangan hewan. Dengan menutupnya daun, maka hewan herbivor sulit membedakan antara ranting berduri dengan daun. Beberapa tumbuhan memb elokkan tubuhnya ke arah datangnya cahaya. ini merupakan adaptasi tingkah laku terhadap pengaruh cahaya.

Adaptasi pada makhluk hidup pada dasarnya adalah upaya makhluk hidup untuk dapat hidup di lingkungan tempat tinggalnya. Hidup berarti dapat memperoleh makanan, perlind dungan diri dan kondisi buruk, pertahanan din dan pemangsa, dan menemukan pasangan kawin agar dapat menghasilkan keturunan haru. Jadi, tujuan akhir adaptasi adalah untuk kelest tarian jenis makhluk hidup. Lestari beranti juga lolos dan seleksi alam dan tidak punah.
Sumber Pustaka: Erlangga