Loading...

Pengertian Bioteknologi Dan Macamnya

Loading...

Pengertian Bioteknologi Dan Macamnya


Apakah bioteknologi itu? Bioteknologi adalah proses pemanfaatan sel atau organisme hidup dengan berbagai teknik untuk menghasilkan satu produk yang memiliki nilai ekonomi tinggi dan berguna bagi kesejahteraan manusia. Bioteknologi tidak dapat berdiri sendiri. Oleh karena itu, bioteknologi melibatkan berbagai disiplin ilmu, seperti mikrobiologi. botani. zoologi. genetika, fisiologi, biokimia, biologi molekuler, teknik kimia. dan berbagai disiplin ilmu lainnya. Hal itulah yang menyebabkan bioteknologi dapat diaplikasikan ke berbagai bidang

Sebenarnva. sejak jaman dulu manusia sudah menggunakan bioteknologi dalam kehidupan sehari-hari, misalnya pembuatan keju, yoghurt, wine. dan tempe. Untuk pembuatan bahan makanan tersebut digunakan bioteknologi sederhana, yaitu fcrmentasi. Artinya, manusia sudah menggunakan dan memanfaatkan bioteknologi dalam kehid upannya sehari-hari. tetapi manusia tidak menyadarinya.


Bioteknologi terhagi menjadi 3 kategori, yaitu sebagai berikut.

Bioteknologi sederhana

Teknologi yang diunakan sederhana, biaya yang dikeluarkan kecil, dan produk yang dihasilkan tidak stabil. Contohnya, pembuatan tempe, tape, dan tuak.

Bioteknologi menengah

Teknologi yang digunakan cukup kompleks, biaya yang dikeluarkan besar, dan kualitas produk yang dihasilkan baik. Contohnya, industry pembuatan yoghurt.

Bioteknologi tingkat tinggi

Teknologi yang digunakan sudah canggih, biaya yang dikeluarkan sangat besar. dan kualitas produk yang dihasilkan prima. Contohnya, pembuatan insulin. bavi tabung, dan kloning.
Sumber Pustaka: Ganeca Exact
Loading...