Pengertian Etika Lingkungan Hidup Dan Usaha Yang Diterapkan

Etika Lingkungan Hidup


Makhluk hidup selalu berusaha untuk menjaga kelangsungan hidupnya. Pemenuhan kebutuhan hidupnya diperoich dan alam berupa sumber daya alarn. Pengelolaan sumber daya alam bertujuan agarsumber daya alarn tetap lestari. Jadi, sumber daya alam harus dimanfaatkan dengan efisien dan efektif serta dipelihara sebaik-baiknya.

Manusia merupakan makhluk yang memiliki kecerdasan lebih dibanding makhluk hidup lain sehingga seringkali mengambil sumber daya alam yang ada secara berlebihan bahkan sampai menyebabkan kerusakan. Untuk ifu, manusia perlu memahaini mengenai etika lingkungan. Etika lingkungan meliputi aturan lingkungan yang mengatur hubungan harmonis antara umat manusia dengan lingkungannya. Apabila manusia selalu menerapkan etika lingkungan pada kehidupannya sehari-hari, kelestarian lingkungan akan terjaga.


Manusia seringkali melanggar etika lingkungan, seperti membuang sampah sembarangan, mernbuat gaduh atau keributan, dan mencorat-coret pagar atau dinding bangunan urnum di sekitar jalan raya.

Hal itu dapat menyebabkan pencemaran dan perusakan lingkungan. Untuk itu, manusia perlu menjaga kelestarian lingkungan dengan menjaga dan memperbaharui sumber daya alam yang ada. Usaha-usaha yang dilakukan dengan menerapkan etika lingkungan antara lain sebagai berikut.
  1. Melakukan reboisasi atau penghijauan di lahan-lahan kritis akibat erosi di hutan-hutan yang mengalami penebangan secara besarbesaran untuk keperluan industri.
  2. Pemupukan pada tanaman yang memerlukan zat-zat tertentu yang sudah habis atau tidak tersedia lagi di tanah sehingga kesuburan tanah tersebut kembali.
  3. Melakukan rotasi tanaman yang bertujuan memelihara kesuburan tanah. Umumnya. tanaman hanya mengambil unsur-unsur tertentu dan dalam tanah sehingga apabila suatu lahan hanya ditanaini, dengan satu jenis tanaman secara terus-menerus, lama kelamaan unsur yang dibutuhkan oleh tanaman tersebut akan habis. Selain itu, sistem rotasi juga memungkinkan unsur-unsur inineral yang dibutuhkan oleh tanaman selalu tersedia, karena lahan tersebut setiap musim ditanarni oleh tanarnan yang berbeda.
  4. Pemuliaan tanaman dan hewan sehingga selalu didapat bibit unggul. Hal ini dilakukan sebagai salah satu upaya untuk memanfaatkan sumber daya alam secara efisien karena dengan melakukan pemuliaan tanaman atau hewan akan dip eroleh sumber pangan yang meiniliki kualitas yang diinginkan. Bibit unggul yang dihasilkan biasanya merniliki sifat-sifat yang menguntungkan.
Sumber Pustaka: Ganeca Exact