Pengertian Lemak Sebagai Sumber Energi Dan Fungsinya

Pengertian Lemak Sebagai Sumber Energi Dan Fungsinya


Pada umumnya kita makan tiga kali sehari. Makanan kita terdiri dan nasi, lauk, sayur, dan buah. Makanan yang kita makan diusahakan makanan yang bergizi. Makanan bergizi adalah makanan yang memenuhi syarat kesehatan. Makanan yang memenuhi syarat kesehatan adalah makanan yang mengandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, dan air. Karbohidrat merupakan sumber energi yang dapat diperoleh dan beras, ketela, kentang, jagung, dan sagu.


Lemak

Lemak adalah sumber energi yang tinggi. Satu gram lemak menghasilkan 9 kilokalori. Makanan yang banyak mengandung lemak misalnya kacang, kelapa, lemak hewan, lemak tumbuhan, minyak jagung, minyak kedelai, dan mentega.

Fungsi lemak adalah:
  • sebagai sumber energi;
  • pelarut vitamin A, D, E, dan K;
  • pelindung organ tubuh yang penting, misalnya mata, ginjal, dan jantung;
  • pelindung tubuh terhadap suhu yang rendah, yaitu sebagai isolator di bawah kulit untuk menghindari hilangnya panas tubuh.
Lemak hewan banyalc mengandung kolesterol. Kolesterol diperlukan oleh tubuh antara lain untuk menyusun membrane sel dan hormon. Akan tetapi kelebihan kolesterol dapat men gendap di dinding pembuluh darah. Endapan kolesterol menyebabkan pembuluh darah menyempit.

Akibatnya terjadi tekanan darah tinggi. Kolesterol banyak terdapat pada organ dalam hewan (jerohan seperti usus dan babat) dan lemak hewan. Minyak tumbuhan merupakan lemak yang bebas kolesterol.
Sumber Pustaka: Erlangga