Pengertian Makanan Dan Fungsinya Bagi Manusia

Pengertian Makanan


Pada umumnya kita makan tiga kali sehari. Makanan kita terdiri dan nasi, lauk, sayur, dan buah. Makanan yang kita makan diusahakan makanan yang bergizi. Makanan bergizi adalah makanan yang memenuhi syarat kesehatan. Makanan yang memenuhi syarat kesehatan adalah makanan yang mengandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, dan air. Karbohidrat merupakan sumber energi yang dapat diperoleh dan beras, ketela, kentang, jagung, dan sagu.

Protein merupakan zat pengatur pertumbuhan dan pengganti sel-sel yang rusak yang dapat diperoleh dan daging, ikan, dan telur. Lemak merupakan sumber energi dan penyusun sel. Vitamin merupakan zat pengaktif metabolisme tubuh yang dapat diperoleh dan sayuran dan buah-buahan. Mineral sebagai penggiat dan penyusun tubuh dapat diperoleh dan daging, sayuran, dan buah.



Sebaiknya kita makan makanan yang cukup dengan gizi yang seimbang. Cukup artinya tidak kurang dan tidak lebih, tetapi sesuai dengan yang diperlukan tubuh. Seimbang artinya mengandung komposisi zat gizi yang memenuhi persyaratan untuk kesehatan.

Hidup yang sehat memerlukan makanan yang sehat, cukup dan seimbang, gerakan tubuh yang cukup, dan istirahat yang cukup. Makanan yang sehat, cukup dan seimbang akan menjamin pertumbuhan tubuh yang sehat pula. Gerakan tubuh yang cukup akan mengakibatkan metabolisme tubuh berlangsung lancar. Istirahat yang cukup digunakan untuk pemulihan dan penyegaran.

Kesehatan individu dipengaruhi oleh makanan yang bergizi, cukup dan seimbang, gerakan tubuh yang cukup dan istirahat yang cukup.

Makanan merupakan faktor yang menentukan kesehatan individu. Karena itu, jika kita makan hendaknya mengacu pada kebutuhan tubuh sesuai dengan kecukupan gizi yang dianjurkan, dan bukan hanya mengacu kepada kesukaah. Kita harus tetap makan, meskipun sedang tidak nafsu makan. Makanan yang kurang bergizi dan waktu makan yang tidak teratur dapat menyebabkan kekebalan tubuh menurun dan kesehatan terganggu. Agar kita dapat memilih makanan sesuai dengan kebutuhan tubuh, maka perlu pengetahuan tentang fungsi makanan, cara pengolahannya, dan penyajiannya. Makanan yang bergizi sering menjadi makanan yang kurang bergizi karena cara mengolahnya keliru.

Fungsi Makanan

Setiap orang memerlukan makanan yang bergizi. Jumlah zat makanan yang kita makan tidak sama, tergantung kebutuhan tubuh. Kebutuhan akan zat makanan itu bertambah apabila sedang bekerja keras, dalam masa pertumbuhan, sehabis sakit, sedang menyusui, atau sedang hamil.

Orang yang bekerj a keras dan banyak gerak, hams cukup mengkonsumsi karbohidrat. Karbohidrat merupakan penghasil energi. Jika pekerjaan telah selesai, jumlah karbohidrat yang dimakan dapat dikurangi. Orang yang sedang dalam masa pertumbuhan, sehabis sakit, menyusui, dan hamil, memerlukan protein yang cukup. Orang yang demikian hendaknya mengkonsumsi protein dalam jumlah yang memadai.

Pada saat berlangsung respirasi di dalam sel tubuh, terjadi pembakaran atau oksidasi biologi. Oksidasi biologi adalah reaksi antara makanan dengan oksigen. Oksidasi menghasilkan energi. Energi yang dihasilkan itu digunakan untuk melakukan semua proses kegiatan hidup, termasuk mempertahankan suhu tubuh agar selalu tetap yaitu sekitar 37°C. Berbagai jenis bahan makanan yang dikonsumsi sehari-hari dapat menghasilkan energi yang besarnya berbeda-beda. Jadi, kita perlu memahami fungsi zat makanan yang kita konsumsi. Zat-zat makanan yang kita makan seperti karb ohidrat, lemak, protein, vitamin, dan mineral mempunyai fungsi tertentu.
Sumber Pustaka: Erlangga