Pengertian Modal Ventura Dan Jenisnya Di Indonesia

Pengertian Modal Ventura Dan Jenisnya Di Indonesia


Modal ventura adalah badan usaha yang bergerak dalam bidang pembiayaan dalam bentuk pernyertaan modal ke dalam suatu perusahaan yang menerima bantuan pembiayaan untuk jangka waktu tertentu. Pengertian Modal ventura menurut beberapa orang ahli adalah sebagai berikut.

  1. Menurut Robert White modal ventura adalah penyediaan pembiayaan untuk memungkinkan pembentukan dan pengembangan usaha-usaha baru, baik di bidang teknologi maupun nonteknologi. Menurut Tony Lorenz, modal ventura adalah investasi jangka panjang dalam bentuk
  2. pemberian modal yang mengandung risiko, penyedia dana atau perusahaan modal ventura terutama mengharapkan capital gain, bunga atau deviden.



Modal Ventura Di Indonesia

Ketentuan modal minimum disetor untuk pendirian modal ventura diatur dalam kebijakan deregulasi 20 Desember 1988 (Pakdes 88) sebagai berikut.
  1. Perusahaan swasta nasional sebesar Rp3 Miliar.
  2. Perusahaan Patungan Indonesia dengan asing scbesar RplO Miliar.
  3. Koperasi sebesar Rp3 Miliar.

Jenis Modal Ventura

Modal ventura digolongkan dalam 2 jenis, yaitu:
  • Leverage venture capital (Lvc)
Lvc adalah perusahaan modal ventura yang dananya diperoleh dengan cara meminjam sejumlah uang, baik dan pemerintah maupun dan swasta.
  • Equity Venture Capital (Evc)
Evc adalah perusahaan modal ventura yang dananya diperoleh dan pemegang saham yang akan digunakan untuk melakukan penyertaan pada suatu perusahaan.

Perusahaan modal ventura dapat di bagi berdasarkan kepemilikan, yaitu
  • Perusahaan publik (public company)
Setiap perusahaan modal ventura yang telah go public.
  • Perusahaan privat (private company)
Perusahaan yang belum go public yang dibentuk oleh sejumlah lembaga keuangan, seperti dana pensiun asuransi yang menempatkan dananya pada perusahaan modal ventura untuk diinvestasikan.
  • Perusahaan afiliasi bank
Bank-bank yang kelebihan dana mendirikan anak perusahaan modal ventura yang beroperasi secara terpisah dengan usaha bank.
  • Perusahaan modal ventura pemilik dana besar
Sejumlah perusahaan besar di heberapa negara industri melakukan penyertaan pada salah satu atau beberapa perusahaan modal ventura sebagai subsidiary.
Sumber Pustaka: Yudhistira