Pengertian Negara Indonesia Sebagai Negara Demokrasi

Pengertian Negara Indonesia Sebagai Negara Demokrasi


Negara Indonesia adalah negara yang menganut sistem demokrasi. Kata demokrasi berasal dan bahasa Yunan.i, demos dan kratein. Demos berarti rakyat, sedangkan kratein berarti pemerintahan. Jadi, demokrasi berarti pemerintahan rakyat. Hal ini berarti bahwa pemerintahan demokrasi adalah pemerintahan dan rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat.

Demokrasi dapat diberi batasan sebagai prinsip yang mengatur kehidupan masyarakat. Berdasarkan prinsip itu, para anggota masyarakat sebagai satu kesatuan, membicarakan dan menentukan tujuan yang hendak dicapai bersama. Dalam lingkungan persekutuan di desa, terkenal dengan istilah rembug desa, kerapatan nagari, dan kerapatan adat.



Bentuk-bentuk demokrasi itu sudah lama ditemukan dalam kehidupan di desa-desa di Indonesia. Masyarakat desa memelihara bentuk-bentuk demokrasi itu dalam kehidupan bersama selama berabad-abad. Cara menentukan dan melakukan segala sesuatu secara bersama di desa-dea dilakukan secara musyawarah dalam mengambil keputusan.

Di dalam negara demokrasi seperti Negara Kesatuan Republik Indonesia, cita-cita demokrasi harus diwujudkan. Cita-cita itu, antara lain mengakui hak setiap orang dan setiap golongan untuk mengemukakan pendapat dan keinginannya. Demokrasi menghendaki agar setiap pendapat dikemukakan secara bebas dan merdeka di muka umum asal tidak bertentangan dengan Pancasila dan UUD 1945.
Sumber Pustaka: Tiga Serangkai